Kaktus dan Sukulen Juga Bisa Jadi Bisnis Menggiurkan

Kaktus dan Sukulen Juga Bisa Jadi Bisnis Menggiurkan
Salah satu produk Fuerte Garden. (Fuerte Garden)

Bisnis kreatif di bidang pertanian kini mulai beemunculan. Salah satunya yakni Fuerte Garden. Usaha yang berbasis pada tanaman kaktus dan sukulen ini sangat unik, lo. Hm, seberapa menarik?

Inibaru.id - Bisnis dalam bidang pertanian nggak melulu soal sawah dan ladang. Fuerte Garden menjadi contoh usaha kreatif di bidang pertanian. Mereka menjadikan tanaman kaktus dan sukulen sebagai komoditas yang bisa dikapitalisasi menjadi uang.

Bisnis yang dibangun sejak 2014 ini menawarkan tiga macam produk, yaitu tanaman hias, suvenir, dan dekorasi. Beragam variasi dan bentuk ditawarkan. Nggak sampai di situ, layanan after sales mereka juga menjamin nggak bakal ada produk yang rusak hingga atau setelah produk diterima costumer.

Berbagai jenis kaktus yang dijual di Fuerte Garden. (Fuerte Garden)

Proses pembuatan yang hand made juga menjadikan Fuerte Garden unggul dalam hal kemasan, keindahan, serta ketelitian detail produk yang dihasilkan. Harga produknya pun cukup murah. Hanya dengan bujet antara Rp 6.000-30.000 kamu sudah bisa membawa satu pot kaktus atau sukulen yang lucu-lucu, lo.

Berawal dari pengmbangan bisnis di Jalan Maribaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Fuerte Garden juga kini bisa kamu temui di Kota Semarang. Nggak cuma itu, kamu juga bisa membeli via daring dengan menghubungi Instagram, WhatsApp, atau Line.

Dana Usaha Mahasiswa

Bisnis kreatif ini merupakan buah karya tiga mahasiswa, yakni Hadi Nugraha, Septiawan Eka Maulana , dan Putri Fanny. Hadi adalah mahasiswa Universitas Padjajaran Bandung, sementara Septiawan dan Putri dari Universitas Diponegoro Semarang.

Berawal dari usaha pencarian dana untuk suatu kegiatan kemahasiswaan, ketiganya kini mantap menjadikan "bisnis tanaman" ini sebagai usaha mereka.

"Ya, awalnya hanya untuk membantu dana kegiatan mahasiswa, lalu mulai dilirik banyak orang, termasuk kalangan selebritis ibu kota sebagai pilihan wedding gift di acara mereka," ungkap Eka, panggilan akrab Septiawan kepada Inibaru.id beberapa waktu lalu.

Sukulen dari Fuerte Garden bisa dijadikan souvenir pernikahan. (Fuerte Garden)

Dalam satu bulan, Fuerte Garden mampu menjual 15 ribu buah tanaman kaktus dan sukulen. Ada 14 jenis suvenir tanaman kaktus dan sukulen dalam berbagai kemasan dan bentuk yang dijual mereka. Sementara, tanaman hias yang disajikan ada lima jenis, yaitu kaktus, sukulen, tilandsia, lithops, dan bambu hoki.

Nggak berhenti di situ, Fuerte Garden juga memfasilitasi kamu dalam upaya penghijauan dengan membuat produk yang ramah lingkungan. Produk-produk itu antara lain terrarium, kokedama, mini garden, home decoration, lanskap taman, dan masih banyak lagi.

Nah, bagaimana, unik dan kreatif kan bisnis Fuerte Garden ini? Semoga bisnis ini semakin berkembang dan menjadi inspirasi bagi pelaku bisnis kreatif yang lain ya, Millens! (Faidah Umu/E03)