Dari Sampah di Bank Sampah, Kerajinan Unik Ini Tercipta

Dari bank sampah, Sakirun menyulap sampah plastik menjadi aneka kerajinan tangan yang bernilai. Wah, apa saja, ya?

Dari Sampah di Bank Sampah, Kerajinan Unik Ini Tercipta
Kreasi dari sampah plastik. (Radarbanyumas.co.id)

Inibaru.id – Tahu nggak, Millens, seberapa banyak plastik diproduksi setiap tahun? Menurut bbc.com (22/8/2018), nggak kurang dari 78 juta ton kemasan plastik diproduksi oleh industri di dunia setiap tahun. Nilainya? Sekitar Rp 3 ribu triliun! Hm, padahal, sampah plastik sulit terurai.

Demi mengatasi problematika sampah plastik, Sakirun, seorang pegiat bank sampah asal Desa Cingebul, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah mendaur ulang plastik menjadi beragam kerajinan. Bersama pengelola bank sampah lain di Banyumas, Sakirun “menampung” sampah dan memberdayakan masyarakat untuk meningkatkan perekonomian mereka.

“Ini dapat membuka peluang ekonomi masyarakat sekaligus menjaga ekologi,” kata Sakirun, seperti ditulis Radarbanyumas.co.id (30/8/2018).

Nggak mudah, lo, untuk menciptakan kerajinan tangan dari plastik. Nggak semua masyarakat mampu untuk melakukannya karena perlu ketelatenan yang tinggi. Yap, pengrajin memang perlu memilah-milah sampah anorganik sebelum mengolahnya. Ini lantaran sejumlah jenis sampah nggak bisa dipakai sebagai bahan baku kerajinan.

Kini, Sakirun sudah bisa membuat 20 jenis kerajinan tangan seperti rompi, tas, dompet, tempat gelas, sajadah, tampak meja, dan sebagainya. Dengan harga mulai puluhan ribu hingga ratusan ribu, produk-produk kerajinan ini terjangkau banget!

Apalagi, karena dibuat dari plastik, produk-produk ini jadi unik banget! Tapi, jangan khawatir, karena merek yang ada di sampah plastik nggak kelihatan, kok. Karena keistimewaan tersebut, bisnis kerajinan tangan dari sampah menjadi berpeluang.

“Jika ditekuni, hasil kerajinan tangan ini cukup prospektif untuk dipasarkan,” tambahnya.

Well, kamu bisa, lo, meniru kecintaan Sakirun pada lingkungan. Berawal dari kepedulian pada lingkungan, kamu bisa memperoleh penghasilan juga. Asyik, kan? (IB08/E05)