Kerajinan Cangkir Melayang a la Falastine Craft

Kerajinan Cangkir Melayang a la Falastine Craft
Cangkir Terbang Falastine Craft. (Deskgram.com)

Ciptakan inovasi baru dari cangkir dan garpu, Wiwin sukses kantongi omzet belasan juta.

Inibaru.id – Dunia kerajinan tangan semakin berkembang. Ide brilian selalu muncul dari barang-barang yang belum pernah terpikirkan sebelumnya. Seperti kerajinan cangkir melayang milik Wiwin Trisman ini. Dia menamakan rumah produksinya Falastine Craft.

“Awalnya bikin usaha cangkir terbang karena saya hobi crafting, hobi bikin-bikin sesuatu yang unik. Akhirnya tanpa sengaja, kemudian iseng-iseng melihat-lihat di internet atau Youtube yang kemudian terinspirasi membuat ini,” ujar Wiwin, seperti dilansir dari 20.detik.com, Jumat (27/7/2018).

Dengan modal sederhana dari cangkir dan garpu yang dimiliki di rumah, Wiwin memulai bisnis ini sejak November 2016 lalu. Agar lebih menarik, dia mengkreasikannya dengan beraneka macam bunga-bunga plastik. Modal awal Wiwin hanya Rp 100ribu, lo.  

Sempat Rugi

Sama dengan bisnis pada umumnya, usaha Wiwin ini sempat mengalami hambatan, lo. Karena barang pecah belah, pengiriman jadi agak sulit, Millens. Dia sering mendapat komplain dari konsumen kaena barang pecah saat dikirim. Jadi, Wiwin harus mengganti dengan yang baru.

Namun, Wiwin tetap maju melanjutkan bisnisnya. Dia bahkan berinovasi lebih banyak lagi untuk memajukan usahanya. Keren kan?

Selain cangkir terbang, Wiwin juga membuat gantungan pintu, talenan, dan yang paling terbaru adalah topi ari. Namun, produk Falastine Craft yang paling best-seller adalah cangkir terbang.

Cara Membuat Cangkir Melayang 

Cara membuatnya, Wiwin menyiapkan sebuah cangkir dan piringnya. Kemudian garpu yang digunakan sebagai penyangga dibengkokkan sedemikian rupa menggunakan tang. Setelah itu, ujung garpu direkatkan pada piring cangkir menggunakan lem tembak sampai kuat, begitu pula cangkir yang diletakkan terbalik di atasnya. Barulah bunga-bunga plastik dihiaskan pada ganggang garpu.

Untuk pemasarannya, Wiwin memanfaatkan media sosial seperti Instagram hingga acara bazar untuk menjualkan produknya. Kisaran harganya dari Rp 100ribu - Rp 200ribu. Dalam sehari, Wiwin bisa menjualkan hingga 2 sampai 5 pcs. Omzet? bisa mencapai 15 juta ,lo! 

Peminat Falastine Craft nggak hanya dari Indonesia. Malaysia dan Taiwan juga melirik produk-produk unik ini.

Cangkir Terbang. (Deskgram.com)

Adanya bisnis ini, Wiwin berharap bisa membuka lapangan kerja, mempercantik rumah pelanggannya dan tentunya dapat memberikan ide kreatif bagi masyarakat yang terinspirasi.

Eh, Wiwin punya tips lo buat kamu yang ingin memulai usaha kerajinan seperti dia. Jangan pernah merasa takut dan tuangkan apa saja ide kalian. Hmm  (IB07/E05)