Kapan Mi Instan Kali Pertama Diproduksi di Indonesia?

Kapan Mi Instan Kali Pertama Diproduksi di Indonesia?
Mi instan ternyata nggak asli Tanah Air. Lantas, kapan pertama kali mi instan dibuat di Indonesia? (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Meski sangat terkenal di Indonesia, mi instan ternyata nggak asli Indonesia. Lantas, kapan mi instan mulai diproduksi di Indonesia, ya?

Inibaru.id – Indonesia dan mi instan seakan menjadi dua hal yang sulit untuk dipisahkan. Realitanya, mi instan termasuk dalam makanan paling populer di Tanah Air. Bahkan, mi instan Indonesia sampai ikut-ikutan terkenal di luar negeri karena rasanya yang sangat lezat.

Kalau kamu berpikir jika mi instan itu asli Indonesia, kamu salah, Millens. Aslinya, mi instan berasal dari Jepang. Sejarahnya kemunculan mi instan bahkan cukup gelap, lo. Makanan ini terinspirasi oleh kelaparan dan masalah stok pangan setelah Jepang kalah perang.

Seorang pengusaha makanan yang ada di Osaka bernama Momofuku Ando berpikir keras untuk mengatasi masalah kekurangan pangan. Saat dia melihat penduduk mengantre mi soba di dekat Stasiun Osaka, Ando pun mulai terpikir untuk menjadikan mi tersebut lebih awet dan mudah diolah.

Eksperimennya selama beberapa bulan berhasil. Pada 25 Agustus 1958, Ando pun mulai menjual mi instan buatannya. Mi ini langsung laris manis di pasaran dan dianggap sebagai salah satu faktor kebangkitan Jepang menjadi negara maju.

Mi instan baru muncul di Indonesia di masa Orde Baru. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Mi instan baru muncul di Indonesia di masa Orde Baru. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Saking populernya, mi instan juga diekspor Jepang ke beberapa negara, termasuk Indonesia. Karena laris, pabrik mi instan pun akhirnya didirikan di Cijantung, Jakarta pada Juli 1969. Pabrik ini dimiliki oleh PT Lima Satu Sankyo Industri Pangan yang bekerja sama dengan perusahaan asli Jepang, Sankyo Shokuhin Kabushiki Kaisha.

Coba tebak, apa merek mi instan pertama yang keluar dari pabrik itu? Pasti banyak yang nggak nyangka kalau mereknya ternyata adalah Supermi. Menariknya, sebelumnya ada merek Super Mie yang diimpor dari Jepang sebelum akhirnya diproduksi sendiri di sini.

Harga pasaran Supermi pada Desember 1970 masih sangat murah, yakni Rp 25 per bungkus. Dulu, mi instan ini sangat laris di Jawa Barat serta Sumatera Selatan.

Nah, di tahun yang sama, didirikanlah pabrik mi instan lainnya yang kini melegenda, Indomie. Pada 1980-an, muncul merek lain yang kini juga ikut meramaikan pasar mi instan Indonesia, Sarimi.

Ketiga merek mi ini sangat terkenal di Indonesia. Belakangan juga ada banyak merek baru mi instan yang menyajikan varian rasa yang nggak kalah menarik. Nah, omong-omong, kamu paling suka mi instan apa, nih, Millens? (His/IB09/E05)