Kangen Jalan-Jalan Tapi Takut Corona? Virtual Walking Tour Solusinya!

Kangen Jalan-Jalan Tapi Takut Corona? Virtual Walking Tour Solusinya!
Nggak usah keluar rumah, kamu sudah bisa jalan-jalan. (Inibaru.id/ Triawanda Aditya)

Nggak perlu keluar rumah, kini kamu tetap bisa berjalan-jalan meski di tengah pandemi. Dengan bergabung di virtul walking tour, kamu bisa berkeliling ke tempat bersejarah di Kota Semarang tanpa keluar rumah. Penasaran?

Inibaru.id - Siapa bilang kamu nggak bisa jalan-jalan saat pandemi? Kini kamu bisa memanfaatkan teknologi untuk menjelajahi tempat-tempat tertentu dengan jalan-jalan virtual. Salah satu yang bisa kamu coba adalah layanan virtual walking tour yang disediakan oleh Bersukaria Walk.

Fauzan Kautsar, pemilik Bersukaria tour mengatakan bahwa program jalan-jalan virtual ini bertujuan untuk mengobati kerinduan penyuka walking tour untuk berjalan-jalan keliling Kota Semarang. Selain itu, program ini juga sebagai salah satu upaya dukungan pemerintah agar masyarakat tetap di rumah.

“Jalan-jalan virtual ini sebagai dukungan kepada pemerintah supaya orang-orang tetap di rumah,” tutur Fauzan.

Jalan-Jalan Sambil Bersantai

Sambil bersantai, kamu bisa ikut jalan-jalan lo. (Inibaru.id/ Tri Awanda Aditya)
Sambil bersantai, kamu bisa ikut jalan-jalan lo. (Inibaru.id/ Tri Awanda Aditya)

Nggak perlu ribet, peserta virtual walking tour cukup mendaftar dengan mengisi formulir secara daring. Setelah itu peserta bakal dihubungi oleh tour leader yang juga memberikan tautan untuk bergabung tur via aplikasi zoom.

Yup, bermodalkan ponsel atau laptop, kamu bisa berkeliling di berbagai tempat bersejarah di Kota Semarang. Selain menggunakan zoom, storry teller juga bakal menggunakan google street view untuk menyusuri jalan, gang hingga sampai ke berbagai bangunan bersejarah. Nggak perlu capek-capek jalan kaki, kamu bisa melakukan tur dari rumah sambil rebahan! Asyik banget kan?

Menurut Fuzan, meskipun tur virtual ini terbatas dalam hal visualisasi, namun peserta tur bakal menemukan sensasi lain seperti dapat melihat bangunan dari citra udara serta masuk ke berbagai bagian bangunan yang biasanya nggak bisa dijangkau.

“Kita tambahi dengan gambar-gambar Hindia Belanda kita perbanyak untuk bikin perbedaan masa lalu dan masa kini,” tambahnya.

Dalam sekali tur, peserta bakal diajak “muter-muter” Kota Semarang dengan durasi 2 jam dimulai dari pukul 10.00 WIB setiap Sabtu atau Minggu. Waktu yang cukup panjang untuk sebuah rute yang ditempuh secara daring. Dijamin tanek deh! Selain menjelajahi Kota Semarang, Bersukaria Walk juga bakal membuka rute di Surabaya lo.

Oh ya, Bersukaria Walk juga bakal menyediakan berbagai kejutan untuk peserta tur. Duh jadi penasaran! Buatmu yang pengin merasakan pengalaman berjalan-jalan dari rumah, buka bit.ly/bersukariavirtualwalk untuk bergabung ya. Selamat bersukaria, Millens! (Zulfa Anisah/E05)