Yuk, Cicip Susu Tajin Beras Merah “CIOURE MILK”!

Yuk, Cicip Susu Tajin Beras Merah “CIOURE MILK”!
Biasanya susu tajin berasal dari beras biasa. Namun, mahasiswa Prodi Teknologi Pangan FPP Undip memilih beras merah karena terdapat kandungan pigmen antosianin. (viva.co.id)

Sudah sejak dulu orang mengenal air tajin sebagai pengganti susu. Ini yang coba diangkat pra mahasiswa ini melalui produk CIOURE MILK.

Inibaru.id – Berawal dari air tajin yang biasa digunakan sebagai pengganti air susu, salah satu tim PKM (program Kreativitas Mahasiswa) bidang Penelitian Eksakta dari Universitas Diponegoro, Semarang mendapat inspirasi untuk menciptakan inovasi produk minuman bernutrisi berbahan baku beras sebagai kearifan lokal.

Yasmin Aulia Rachma, selaku ketua, kemudian Dina Yulia Anggraeni dan Lita Lusiana surja sebagai anggota berhasil menciptakan “CIOURE MILK” (Nutricious Red rice Milk) yang bahan baku utamanya dari beras merah. Dilansir  jateng.tribunnews.com, (16/8/2018), Yoga Pratama, S.TP., MSc., selaku pembimbing Tim PKM, menjelaskan kalau beras merah dipilih karena keunikannya yang nggak dimiliki oleh jenis beras lainnya.

Mahasiswa Prodi Teknologi Pangan FPP Undip Membuat Susu Tajin dari Beras Merah

Mahasiswa Prodi Teknologi Pangan FPP Undip Membuat Susu Tajin "CIOURE MILK" dari Beras Merah. (jateng.tribunnews.com)

“Keunikannya adalah kandungan pigmen merah (antosianin) yang lebih tinggi daripada beras lain,” ujar dosen yang mengajar di prodi Teknologi Pangan FPP Undip.

Lanjut Yoga Pratama, S.TP., MSc., bahwa pigmen antosianin ini telah diketahui punya peran sebagai antioksidan yang berkhasiat untuk mencegah berbagai penyakit. Salah satunya adalah penyakit jantung. Jadi, antosianin bisa menghilangkan lemak jahat dalam tubuh sehingga nggak menyumbat pembulu darah jantung. Nggak cuma itu, antosianin bisa melapisi dinding pembulu darah sehingga lebih kuat dan tahan terhadap kerusakan. Hebat kan?

Sebagai mahasiswa prodi Teknologi Pangan FPP Undip, Yasmin Aulia Rachma menjelaskan kalau metode produksi minuman bernutrisi susu malt beras merah dengan rasa manis alami tanpa penambah gula ini dilakukan dengan cara menggabungkan dua proses, yaitu malting atau perkecambahan beras merah dan penambah enzim.

Biasanya susu tajin dibuat dari beras putih. Lewat penelitian, mahasiswa Prodi Teknologi Pangan FPP Undip menggunakan beras merah karena kaya manfaat, salah satunya mencegah penyakit jantung.

Biasanya susu tajin dibuat dari beras putih. Lewat penelitian, mahasiswa Prodi Teknologi Pangan FPP Undip menggunakan beras merah karena kaya manfaat, salah satunya mencegah penyakit jantung. (WowKeren.com)

Tujuan dari dua cara tersebut yaitu, merombak karbohidrat dari beras menjadi gula sederhana, sehingga rasa manis alami dari beras merah dapat dihasilkan. Kalau kalian ingin mencicipi CIOURE MILK, nggak perlu menambahkan gula karena sudah ada cita rasa manis alami.

“Kami berharap agar CIOURE MILK bisa menjadi solusi bagi berbagai isu kesehatan karena kandungan gizinya yang baik. CIOURE MILK sendiri merupakan sebuah langkah sederhana dari kami untuk mengembangkan pangan Indonesia,” tutur Yasmin, dilansir dari jateng.tribunnews.com, 16/8/2018.

Gimana? Mau icip susu tajin biar sehat? (MG10/E05)