Smart Blind, Kacamata Pintar untuk Penyandang Tunanetra

Smart Blind, Kacamata Pintar untuk Penyandang Tunanetra
Penyandang tunanetra. (shutterstock.com)

Dengan Smart Blind, penyandang tunanetra lebih dimudahkan mengakses informasi di media cetak.

Inibaru.id – Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, pelbagai produk inovatif ikut bermunculan. Produk-produk itu hadir sebagai solusi atas permasalahan, nggak terkecuali masalah kesehatan.

Salah satu produk inovatif untuk membantu masalah kesehatan diciptakan oleh tiga mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia nih, Millens. Ketiganya adalah Maulana Bisyir Azhari, Gibran Muhammad Fajar Wisesa, dan Nikolas Jalu Padma Iswara.

Ketiga mahasiswa jurusan Teknik Elektro itu membuat alat bantu membaca buku bagi penyandang tunanetra yang mereka namai Smart Blind.

Smart Blind. (youngster.id)

Alat itu bekerja dengan mengonversi gambar dari media cetak menjadi teks. Teks kemudian diubah menjadi suara yang dapat didengar langsung oleh penyandang tunanetra.

Cara kerjanya pun cukup sederhana. Penyandang tunanetra dapat langsung menekan tombol dan menggerakkan Smart Blind pada media cetak yang mereka pengin baca. Dalam hitungan menit, Smart Blind akan memproses gambar berisi teks menjadi suara, seperti ditulis youngster.id, Sabtu (18/8/2018).

Wah, dengan demikian teman-teman penyandang tunanetra bakal lebih mudah untuk mengakses suatu informasi di media cetak, deh.

Oya, Smart Blind juga nggak bikin ribet, lo. Produk itu portable banget sehingga lebih efisien dibawa ke pelbagai tempat.

Yap, perkembangan teknologi memang banyak membantu kita ya, Millens! (IB10/E05)