Istimewa, Batik Wahyu Tumurun Dibuat dengan Ritual Puasa

Istimewa, Batik Wahyu Tumurun Dibuat dengan Ritual Puasa
Motif wahyu tumurun dipilih sebagian pengantin yang melakukan pernikahan dengan adat Jawa. (Info Batik)

Batik Wahyu Tumurun adalah salah satu batik yang kerap digunakan sebagai kostum pernikahan. Nggak hanya motifnya yang indah, proses pembuatannya dulu pun nggak sembarangan, lo. Hm, apa sih alasan batik ini begitu istimewa?

Inibaru.id - Sebagai kota batik, Yogyakarta menyimpan puluhan motif yang menarik. Kain khas Jawa ini diminati wisatawan lokal maupun internasional. Salah satu batik yang menarik minat adalah Batik Wahyu Tumurun. Ya, batik ini menjadi salah satu batik favorit para pengantin yang menikah dengan adat Jawa.

Batik wahyu tumurun telah ada sejak 1480. Sebelum menyebar ke pelbagai wilayah di Jawa Tengah, batik ini telah lebih dulu terkenal di Yogyakarta. Para bangsawan keraton-lah yang berjasa dalam mempopulerkan batik ini. Melihat motifnya saja, kemewahan akan langsung "menampar" matamu. Menggunakan burung merak sebagai coraknya, batik ini menunjukkan kelasnya. Sebagai salah satu burung terindah, merak memang menjadi simbol provinsi Yogyakarta.

Nggak hanya motifnya yang menawan, proses pembuatannya pun nggak sembarangan, lo. Dulu, pembuat pola batik harus melakukan persiapan yang cukup berat yaitu puasa selama 40 hari. Hal ini dilakukan karena motif wahyu tumurun memiliki filosofi yang mendalam.

Motif ini menunjukkan bagaimana manusia menjalin hubungan dengan Yang Maha Kuasa agar mendapatkan berkah.

Untungnya, ritual ini kemudian dihapus, Millens. Batik wahyu tumurun bisa tetap dibuat tanpa puasa. Meski si pembuat pola nggak melakoni ritual puasa, bukan berarti harga batik ini murah, lo. Selembar wahyu temurun bisa dijual dengan harga Rp 1,5 juta hingga Rp 5 juta. Ckck, harga yang fantastis ya!

Eh, kamu yang berencana menggelar pernikahan dengan adat Jawa juga boleh pakai batik wahyu tumurun, lo. Kira-kira, motif mana yang pengin kamu pakai, Millens? Sebelum memilih, pastikan kamu sudah mengatur anggaranmu dengan pas supaya nggak boros ya. (IB06/E03)