Istana Boneka Malang, Produsen Resmi Boneka Maskot Asian Games 2018

Istana Boneka Malang, Produsen Resmi Boneka Maskot Asian Games 2018
Boneka Atung, Kaka, dan Bhin Bhin yang siap kamu bawa pulang. (indopos.co.id) 

Kamu mupeng lihat maskot-maskot lucu Asian Games 2018? Ternyata pabriknya berada di Malang, lo. Yuk simak cerita selengkapnya!

Inibaru.id – Asian Games 2018 bukan hanya jadi tempat mendulang prestasi bagi para atlet se-Asia, tapi juga membawa rejeki bagi produsen boneka di Malang ini. Yap, Istana Boneka milik Susan Soewono di Jalan Gotong Royong, Kota Malang dipilih menjadi tempat produksi boneka maskot Asian Games 2018. Susan dan pekerjanya bisa mengubah Bhin Bhin, Atung, dan Kaka dari dua dimensi menjadi bentuk tiga dimensi.

Susan Soewono selaku President Director Istana Boneka. (Solopos.com)

Untuk menyemarakkan acara bergengsi ini, ada tiga maskot yang dipilih karena memiliki representasi yang selaras dengan nilai olahraga, Millens. Ketiganya adalah Bhin Bhin (cendrawasih), Atung (rusa bawean), dan Kaka (badak bercula satu). Kaka merepresentasikan kekuatan, Atung melambangkan kecepatan, dan Bhin Bhin mencerminkan strategi.

Para supporter dalam negeri hingga mancanegara jatuh hati dengan keunikan tiga karakter ini. Selain itu, pernak-perniknya cocok untuk dijadikan kenang-kenangan atau koleksi. Nggak heran deh, kalau permintaan pasarnya sangat tinggi.

Nggak Sembarang Pabrik Bisa Jadi Produsen

Untuk menjadi produsen resmi, tentunya ada standar dari Inasgoc selaku panitia Asian Games 2018 yang harus dipenuhi. Setelah memenuhi standar, Istana Boneka baru memiliki lisensi untuk memproduksi. Kemudian dimulailah proses produksi boneka sejak April tahun lalu.

Para pekerja mampu memenuhi target produksi hingga ribuan boneka. (metrotvnews.com)

Prosesnya dimulai dengan penggambaran karakter dengan cara manual. Kemudian dilakukan pewarnaan secara digital. Baru boneka bisa dijahit menyesuaikan desain. Tiga ribu boneka mampu diproduksi oleh tiga ratus pekerja dalam satu hari.

Dalam Proses pembuatan, hal yang perlu diperhatikan oleh Susan dan pegawainya adalah kualitas dan detail produk. Gambar harus bisa diwujudkan dalam bentuk boneka, nggak boleh ada detail yang terlewat, dan ukurannya nggak boleh salah. Wah, harus telaten sekali!

Meskipun ada produsen lain yang ikut membantu dalam proses pembuatan, mayoritas boneka dibuat di sini.  “Kami tentunya harus bisa menjaga kualitas dalam produksi. Sebagian besar diproduksi di Istana Boneka, di tempat lain juga ada tapi yang mayoritas di sini. Kami tentu bangga bisa jadi bagian dari Asian Games 2018 ini,” tutup Susan seperti dikutip dalam bolasport.com (24/8/18).

Sekarang sudah tahu kan boneka-boneka lucu itu dibuat di mana. Kalau kamu suka sama yang mana, Millens? (MG13/E05)