Nggak Hanya Uang, Investasi Juga Memberi Banyak Manfaat Lain, lo!

Nggak Hanya Uang, Investasi Juga Memberi Banyak Manfaat Lain, lo!
Selain menambah penghasilan, investasi memiliki manfaat lain. (Ally.com)

Bagi kamu yang sudah berpenghasilan, investasi tentu menjadi salah satu hal yang kamu pikirkan. Dengan berinvestasi, kamu bisa belajar gimana mengelola keuangan. Apa lagi manfaat berinvestasi?

Inibaru.id – Seorang ahli keuangan mengatakan, kalau kamu membutuhkan sejumlah uang, yang harus kamu lakukan bukanlah mencarinya, melainkan menyisihkan uang yang kamu punya. Yap, itulah prinsip berinvestasi. Selain untuk berjaga-jaga, berinvestasi juga membuatmu memperoleh penghasilan tambahan.

Kamu yang sudah memiliki penghasilan sendiri tentu pengin mengatur keuanganmu sebijak mungkin. Ketimbang berfoya-foya, menyisihkan sebagian penghasilan untuk ditabung dan berinvestasi akan lebih membawa manfaat. Disadari atau tidak, investasi juga mendatangkan manfaat lain yang nggak melulu soal uang, tapi hal-hal berikut ini!

Belajar Bertanggung Jawab

https://absolutecurrency.com/wp-content/uploads/2017/03/get-started-investing-with-10.jpg

Kamu jadi terbiasa bertanggung jawab atas finansialmu. (absolutecurrency.com)

Modal investasi yang berasal dari uang sendiri secara otomatis membuat kamu lebih bertanggung jawab dalam mengambil setiap keputusan. Kamu jadi lebih cermat karena nggak pengin rugi, apalagi jika investasimu itu juga melibatkan orang lain.

Dengan belajar bertanggung jawab, ini juga meningkatkan kemampuanmu dalam mengelola keuangan. Kamu jadi nggak asal menggunakan uangmu tanpa mempertimbangkan untung dan risikonya.

Menambah Wawasan

https://res.cloudinary.com/jerrick/image/upload/f_auto,fl_progressive,q_auto,c_fit,w_1100/ao4lm3flk1sm7wirznkb

Informasi terkini tentang ekonomi harus kamu ikuti. (cloudinary.com)

Jika sebelumnya kamu cuek dengan kondisi perekonomian nasional dan global, berinvestasi mau nggak mau membuatmu harus mengikuti informasi terkini. Kebijakan pemerintah, nilai tukar rupiah, hingga reputasi perusahaan bakal menjadi “santapanmu” sehari-hari.

Oya, kamu juga bakal dituntut untuk jeli dalam membaca dan menganalisis setiap peluang. Bayangkan kalau kamu malas belajar dan enggan mengikuti informasi terbaru, kamu pasti melewatkan banyak peluang. Jadi, secara nggak langsung, berinvestasi membuat wawasanmu kian luas. Menarik, kan?

Melatih Mental

http://im.rediff.com/getahead/2015/dec/15office-woman.jpg

Berinvestasi membuat mentalmu terlatih menghadapi berbagai situasi ekonomi. (rediff.com)

Manfaat lain yang nggak kamu sadari dari berinvestasi adalah mental yang terlatih menghadapi berbagai situasi. Kondisi ekonomi yang dinamis akan membuat mentalmu teruji untuk mengambil setiap keputusan, termasuk menghadapi segala kemungkinan.

Selain itu, kepercayaan dirimu pun bakal lebih terlatih. Sekali pun pernah gagal, alih-alih menyerah, kamu jadi orang yang semakin matang dalam mempertimbangkan dan mengambil peluang.

Melatih Kedisiplinan

http://www.dailydappr.com/wp-content/uploads/2015/01/man-reading-e1420264169252.jpg

Sisihkan waktu untuk membaca buku terkait investasi. (dailydappr.com)

Dalam bidang apapun, kedisiplinan memegang kunci berhasil-tidaknya sebuah usaha. Kalau nggak disiplin menerapkan ilmu-ilmu yang sudah kamu pelajari, ini bakal mempengaruhi hasil investasimu. Jadi, jangan malas belajar!

5. Pintar Mengatur Waktu

https://startupnation.com/wp-content/uploads/2017/11/Screen-Shot-2017-11-30-at-4.50.21-PM.png

Kamu jadi tahu kapan harus membeli atau menjual bentuk investasimu. (startupnation.com)

Selain pintar mengelola keuangan, berinvestasi membuatmu pintar mengatur waktu. Kamu jadi punya jadwal mengecek apa saja yang sedang terjadi di pasar bursa efek atau berapa harga emas terbaru. Selain itu, kamu pun jadi pintar mengatur startegi kapan sebaiknya membeli atau menjual investasimu supaya memperoleh lebih banyak keuntungan.

6. Menambah Relasi

https://www.mmbiztoday.com/sites/mmbiztoday.com/files/field/image/o-HUMAN-CAPITAL-facebook.jpg

Berinvestasi membuka peluangmu untuk menjalin relasi. (mmbiztoday.com)

Dengan berinvestasi, kamu bisa menambah relasimu. Dari mereka, kamu bisa mengambil kesempatan untuk belajar bisnis sekaligus berdiskusi. Jika kamu tertarik membuat bisnis yang membutuhkan investasi bersama, relasi yang luas akan mempermudahmu mencari investor bersama. Jadi, jangan segan berbaur!

Investasi itu ibarat menanam pohon. Ketika kamu paham dan telaten merawatnya, kamu tinggal berharap pada keberuntungan alam untuk membuat pohon investasimu itu berbuah dan kamu panen terus-menerus. Gimana, mulai tertarik berinvestasi? (Clara Ariski/E03)