Ingin Bisnis Digitalmu Sukses? Lakukanlah Beberapa Cara Ini

Membangun sebuah bisnis di era digital butuh kiat-kiat khusus agar sesuai dengan kondisi dan situasi yang ada. Berikut, beberapa kiat dari para pelaku bisnis digital sukses agar bisnismu berjalan lancar.

Ingin Bisnis Digitalmu Sukses? Lakukanlah Beberapa Cara Ini
Mengembangkan bisnis digital. (bisnismrketer.id)

Inibaru.id – Bisnis digital yang akrab di kalangan anak muda semakin berkembang akhir-akhir ini. Selain kemajuan teknologi yang sudah tentu jadi pendukung utamanya, daya kreativitas dan semangat berkarya generasi Millenials di Tanah Air juga jadi modal utama perkembangan bisnis tersebut.

Nah, bagi Sobat Millens yang juga ingin berkecimpung di dunia bisnis tersebut, ada beberapa tips yang bisa kamu tiru. Tips-tips tersebut berasal dari para canak muda yang telah sukses menjalani bisnis di dunia digital. Mereka adalah Nadiem Makarim selaku pendiri Go-Jek, Gibran Rabuming Raka selaku pendiri Markobar, dan Bayu Skak selaku youtuber ternama di Indonesia.

Ketiga pebisnis digital tersebut diundang dalam sebuah acara Mata Najwa pada Minggu (20/05/2018). Mereka membicarakan soal peluang serta tips membangun kesuksesan di dunia bisnis digital.

Menurut Nadiem Makarim, berbisnis itu soal identitas produk. Jadi, kalau Sobat Millens mau memulainya, jangan takut untuk mencoba hal yang baru dan berbeda. “Produk yang sukses di pasaran adalah produk yang punya keunikannya sendiri, tapi patut diingat kalau memang tidak ada produk yang unik 100 persen,” katanya.

Karena itu, kamu bisa memulainya dengan mengadopsi produk yang sudah ada, lalu membuat inovasi di dalamnya. Dengan begitu, produkmu akan punya identitas yang bisa dikenali oleh masyarakat.

Yang kedua, lanjutnya, bisnis itu dimulai bukan karena mencari keuntungan semata. Akan tetapi, bisnis start up harus dimulai untuk memecahkan suatu permasalahan yang ada di masyarakat.

“Founder yang sukses nggak mau kaya tapi nggak tahan liat problem yang ada di masyarakat,” jelas Nadiem.

Karena itu, semakin rumit masalah yang ingin kamu pecahkan, maka semakin besar juga peluang bisnis di dalamnya.

Beda Nadiem, beda Gibran Rakabuming Raka. Baginya, kunci pertama kesuksesan yang dimiliki saat ini adalah berani bangkit meskipun mengalami kegagalan.

Menurut anak Presiden Jokowi itu jatuh bangun dalam berbisnis adalah hal yang sangat wajar. Dia bahkan pernah mengalami kerugian karena tertipu. Hal itu tidak membuatnya menyerah tetapi malah semakin memacu semangat berbisnis.

“Ya, biasa, bisnis kan seperti itu, keras,” tandasnya.

Nah, lain halnya dengan Bayu Skak. Komedian yang tenar lewat akun Youtube ini juga punya kunci jitu agar bisa bertahan di dunia bisnis digital. Dia bercerita, selama dua tahun mengawali karier di Youtube, dirinya sama sekali nggak mendapat keuntungan.

Namun hal tersebut nggak menyurutkan keinginannya untuk tetap berkarya melalui konten-konten kreatif berupa video. Satu hal yang dia pegang teguh adalah kepuasan diri saat membuat konten kreatif. Dengan begitu, dia sama sekali nggak memikirkan berapa jumlah keuntungan yang akan didapat. Selain itu, komentar positif dari para penggemarnya di Youtube jadi salah satu motivasi besar Bayu untuk terus memproduksi video menarik.

Bukan hanya itu, Bayu selalu berkomitmen untuk menyajikan konten bermutu dan berkualitas. Dengan begitu, dirinya nggak cuma menghibur, tetapi juga memberikan manfaat kepada masyarakat.

Gimana Millens? Adopsi hal-hal positif di atas agar kariermu di bidang bisnis digital sukses, ya! (IB06/E05)

  v