Cegah Kerusakan Kulit, Calir Raga dari Ubi Jalar

Cegah Kerusakan Kulit, Calir Raga dari Ubi Jalar
Mahasiswa Unnes memperlihatkan hasil calir raga (Hand and body Lotion) dari Ubi Jalar. (Tribunnews/ALAQSHA GILANG IMANTARA)

Bingung pilih produk kecantikan berkhasiat dengan harga terjangkau? Lima mahasiswa Unnes ini punya solusinya!

Inibaru.id – Nggak hanya sedap disantap, ubi jalar ternyata bisa dimanfaatkan sebagai bahan calir raga (hand and body lotion), lo. Namanya HALO ULAR (Hand And Body Lotion dari Ubi Jalar). Produk ini diklaim mampu mencegah penuaan dini serta kerusakan kulit. Harganya juga terjangkau. Mantap kan?

Produk kecantikan ini dibuat oleh lima mahasiswa Unnes. Mereka adalah Susmy Lianingsih dari Jurusan Pendidikan Ekonomi, Yulia Sandra dari Jurusan Manajemen, Wiranto dari Jurusan Ilmu Gizi, Hamidah Lismiana dari Jurusan Kesehatan Masyarakat, dan Anisa Dyah Utami dari Jurusan Pendidikan Biologi.

Tribunnews.com, Minggu (19/8/2018), menulis, hasil kreativitas itu didanai Kemenristekdikti sebesar Rp 8 juta setelah proposal Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM-K) yang diajukannya disetujui.

Selain karena mudah didapat dan berharga murah, ubi jalar memiliki khasiat untuk kulit. Di dalam ubi jalar terdapat beta karoten, antioksidan, vitamin E dan C. Ada lagi nih, Millens, ubi jalar juga dapat meremajakan kulit dan melindungi kulit dari sinar ultraviolet.

"Kami membeli ubi jalar di pasar Ungaran dengan harga Rp 6 ribu per kilogram dan membeli sebanyak 50 kilogram. Kami juga membeli bahan pendukung seperti minyak zaitun, stearic acid (asam stearat), nipasol (penghambat bakteri), beeswax (lilin lebah), emulsifier (zat pengemulsi), air suling, bibit parfum, dan botol kemasan," ujar Susmy.

Siap Edar

Dari Mei hingga Juli, proses produksinya telah menghasilkan 104 botol yang siap dipasarkan. Produk ini diberi nama dagang Ayu Body Lotion dan dihargai sekitar Rp 15 ribu per botol.

Susmy mengungkapkan, penjualan juga dilakukan dengan cara menitipkan barang dengan sistem bagi hasil di beberapa marketplace luring (offline) dan daring (online). Meski nggak diproduksi di pabrik raksasa, lotion ini dijamin aman loh Millens. Gimana, kamu tertarik coba? (IB07/E05)