Gelang Gerakan Salat, Inovasi Pintar untuk Penyandang Tunarungu

Gelang Gerakan Salat, Inovasi Pintar untuk Penyandang Tunarungu
Gelang Gerakan Salat. (citypost.id)

Kelompok mahasiswa Unissula Semarang membuat sebuah inovasi pintar untuk para penyandang tunarungu.

Inibaru.id – Sebuah inovasi baru hadir untuk para penyandang tunarungu nih, Millens. Namanya GGS alias Gelang Gerakan Salat. Alat pintar itu dibuat untuk penyandang tunarungu muslim yang ingin mendirikan salat.

“Teman-teman tunarungu akan kesulitan mendengar takbir dari imam. Nggak jarang beberapa dari mereka sering menoleh untuk mengetahui gerak imam,” jelas Aisyah Ardani, salah seorang pencipta GGS seperti ditulis jateng.tribunnews.com, Kamis (20/9/2018).

Pertimbangan Aisyah lainnya adalah soal fikih, Millens. Dalam mazhab Syafi’i yang banyak dianut di Indonesia, jika dalam salatnya seseorang bergerak lebih dari tiga kali maka salatnya batal.

Oya, Aisyah nggak sendirian dalam menciptakan GGS. Bersama keempat temannya yakni Wa Ode Anastasya, Muqtafa Amirul Wildan, Cahrudin, dan Ufi Najib, Aisyah menciptakan GGS. Mereka berlima merupakan mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang lo.

Bertemu Ganjar Pranowo

Ada dua jenis gelang yakni gelang untuk imam dan gelang untuk makmum. Cara kerjanya pun cukup sederhana. Teknisnya, ada sensor pendeteksi getaran berupa pancaran sinyal dari gelang imam ke gelang makmum. Sinyal itu akan dikonversikan menjadi getaran.

Jadi saat imam berganti gerakan salat, GGS otomatis akan memberi efek getaran kepada makmum sebagai tanda. Kreatif banget kan?

Inovasi menarik itu juga sudah dicoba oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo lo. Yap, Aisyah dan teman-temannya belum lama ini mengunjungi Ganjar di kantornya untuk mempresentasikan GGS.

Aisyah saat bertemu Ganjar Pranowo untuk mempresentasikan GGS. (jatengprov.go.id)

“Ini kan masih berupa gelang. Siapa tahu besok bisa jadi cincin,” kata Ganjar tentang transformasi GGS seperti ditulis republika.co.id Kamis (20/9/2018).

Ganjar menambahkan, GGS juga bisa merambah dunia aplikasi pada ponsel pintar. Penjualan dan pengoperasian GGS mungkin saja dilakukan dari sana. Yap, di era digital ini hampir semua orang memiliki ponsel pintar kan?

Dalam waktu dekat, GGS akan diproduksi secara massal nih. Kamu bisa mendapatkannya dengan harga Rp 400 ribu. Sepadan untuk sebuah alat pintar nan memudahkan itu bukan? (IB10/E05)