Sasar Millenials, Java Loenpia Semarang Bikin Promosi Nyeni

Sasar Millenials, Java Loenpia Semarang Bikin Promosi Nyeni
Lumpia dengan tampilan modern dari Java Loenpia. (Inibaru.id/ Clara Ariski)

Kreativitas jadi kunci utama untuk mengembangkan bisnis kuliner seperti yang dilakukan Java Loenpia Semarang. Selain menjajakan lumpia dengan tampilan modern, menyediakan tempat yang nyaman, dan bekerjasama dengan jenama kopi ternama, Java Loenpia juga mempromosikan lumpia lewat cara asyik yaitu komik.

Inibaru.id – Berawal dari tugas akhir kuliah, Shella Audry mulai menekuni proyek kolaborasi bersama kakeknya, Siem Swie Yek yang merupakan generasi ke-3 Loenpia Semarang. Meskipun memiliki latar pendidikan di bidang bisnis yang mumpuni, Shella mengaku sedikit takut ketika memulai usaha ini.

Konsep outlet container yang fleksibel dalam pembuatannya. (Inibaru.id/ Clara Ariski)

“Pertama takut. Rata-rata saudara lain meneruskan dari orang tua atau engkongnya. Karena di keluargaku sempat putus usahanya, jadi aku bener-bener dari nol. Nekat aja lah buka, kalau istilah Jawanya babat alas,” ujar wanita berusia 25 tahun ini.

Nah, untuk mengembangkan konsepnya supaya makin matang, Shella nggak segan meminta bantuan teman-temannya. Dia akhirnya menyasar anak muda.

Usaha Shella pun membuka market baru. Biasanya lumpia dikenal sebagai masakan tradisional kuno, packaging dan tempat yang itu-itu saja. Maka Shella ingin menawarkan tampilan baru sekaligus tempat yang bisa dibuat nongkrong dan nyaman. Dengan media sosial, foto-foto dan narasi menarik, minat pengunjung untuk mampir jadi terdorong.

Menurut Shella, mendengarkan saran dan kritik konsumen sangatlah penting. Bahkan gagasan dari mereka mendorong Java Loenpia merilis lumpia vacuum pada Juli lalu. Jadi kini kamu bisa membeli lumpia sebagai oleh-oleh karena lebih awet. Bisa juga untuk stok di rumah.

Lumpia vacuum lebih awet dan praktis dibawa.(Inibaru.id/ Clara Ariski)

Agar lebih menarik anak muda, Sheila memadukan seni dalam usahanya. Dia berkolaborasi dengan komikus lokal untuk membuat komik lumpia sebagai media promosi. Respon yang didapat juga positif, lo. “Banyak yang nanya, kok komiknya nggak lanjut lagi padahal bagus,” kenang Shella sambil tertawa.

Selain membuat komik, Shella menggandeng mahasiswa untuk membuat video promosi Java Loenpia. Ide out of the box juga dia implementasikan dengan menggandeng franchise kopi yaitu Katuai Kopi, minuman yang digandrungi para Millenias ini di salah satu outletnya.

Baginya, anak muda Indonesia memiliki kreativitas tinggi dan open minded. “Mindset yang mau saya terapin adalah melestarikan resep engkong sekaligus mengomunikasikan ke anak muda dengan baik,” tutup Shella.

Berkat usahanya, kuliner jadul ini jadi nggak membosankan. Kini kamu bisa makan lumpia klasik sambil ngopi cantik. Asyik kan? Yuk ah mampir ke outlet mereka. (Clara Ariski/E05)

 

Java Loenpia Semarang

Alamat: Jalan Dokter Cipto No.115A, Karangturi, Semarang Timur

Cabang: Jalan Erlangga Raya No. 2, Semarang Selatan

Cabang: Jalan Simongan No.125, Semarang Barat

Jam Buka:

05.00-21.00 (outlet Dr.Cipto)

07.00-23.00 (Outlet Simongan)

08.00-21.00 (outlet Erlangga)

Harga menu:

Lumpia basah dan goreng Rp 13.000

Lumpia vacuum mulai dari Rp 81.000

Kopi Rp 10.000-26.000