Salut! Dua Siswi SMA Ini Buat Tisu Ekstrak Kemangi untuk Redakan Asma

Salut! Dua Siswi SMA Ini Buat Tisu Ekstrak Kemangi untuk Redakan Asma
Syarifa Nurmarwaa dan Efni Fadila penemu tisu dengan ekstrak kemangi. (Detik.com)

Dua siswi SMA asal Cilacap, Jawa Tengah, membuat inovasi dengan memanfaatkan senyawa baik dalam daun kemangi. Tisu ekstrak kemangi yang mereka buat dapat meredakan masalah asma, lo.

Inibaru.id – Kemangi, tanaman yang daunnya memiliki aroma khas ini ternyata nggak hanya dikonsumsi sebagai lalapan, lo. Di balik aromanya yang sangat kuat itu, daun kemangi mengandung pelbagai senyawa yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah senyawa ayuvredik ekspektoran yang bisa meredakan masalah pernapasan, Sobat Millens.

Manfaat yang terkandung dalam daun kemangi itu menginspirasi dua siswi kelas 11 SMA Negeri 3 Cilacap, Syarifa Nurmarwaa dan Efni Fadila untuk melakukan penelitian.

Hasilnya, mereka berdua berhasil memanfaatkan ekstrak daun kemangi yang dikemas dalam bentuk tisu sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit pernapasan seperti asma.

Produk tisu dengan ekstrak daun kemangi yang bisa mengurangi masalah pernapasan. (Detik.com)

Syarifa dan Efni menyadari bahwa daerah yang mereka tinggali merupakan daerah industri dan banyak polusi. Keadaan tersebut mengakibatkan banyak warga terkena gangguan pernapasan.

Dari situlah, mereka berdua menemukan inovasi sekaligus solusi pertolongan pertama pada penderita asma dan gangguan pernapasan lain.

“Kota Cilacap itu kota industri. Ini banyak membuat orang yang tinggal di sekitar pabrik alami masalah pernapasan, seperti asma, ISPA, flek. Kita juga melihat banyak penderita asma suka lupa membawa obat. Makanya, kita bikin penanganan asma yang praktis dalam bentuk tisu,” ucap salah satu dari mereka, dikutip dari detik.com (25/10/2017).

Proses Pembuatan Tisu

Tisu kering itu dihasilkan dari menjemur daun kemangi yang dilanjutkan maserasi dengan alkohol 95 persen. Setelah itu, dilanjutkan ke proses filtrasi dan evaporasi yang kemudian dicampur air oksigen dan direndam dalam bahan tisu.

Tisu ekstrak daun kemangi tersebut juga sangat praktis dan mudah digunakan, Millens. Penderita hanya perlu menghirup tisu saat penyakit asma menyerang.

Karya inovatif duo siswi tersebut telah mengantarkan mereka menjadi finalis di ajang National Young Inventors yang digelar di Jakarta pada 2017 lalu. 

“Cara pakainya, tisunya tinggal didekatkan ke hidung saat asma kambuh. Ini sudah dicoba pada 5 responden penderita asma yang sedang kambuh dan ini efektif untuk pertolongan pertama,” jelas mereka.

Wah, inovatif sekali! Sukses terus ya Syarifa dan Efni. (IB12/E05)