"The NextDev Talent Scouting" Dorong Kreator Kembangkan Startup Teknologi

Diharapkan menjadi solusi sejumlah masalah sosial, ajang The NextDev Talent Scouting menjadi ruang bagi para pengembang aplikasi untuk turut berpartisipasi menciptakan aplikasi yang memberi dampak sosial yang positif.

"The NextDev Talent Scouting" Dorong Kreator Kembangkan Startup Teknologi
General Manager Sales Region Jawa Tengah and DIY Retno Wardani membuka acara The NextDev Talent Scouting Yogyakarta. (Telkomsel)

Inibaru.id – Buat kamu generasi millenials Indonesia, tertantanglah untuk terus berinovasi, misalnya di dunia bisnis dan teknologi! Banyak yang bakal menampung ide-ide "liar"-mu itu, asalkan bertujuan positif, misalnya melalui The NextDev.

The NextDev adalah program tahunan Telkomsel yang dibuat untuk mencari dan mengembangkan startup teknologi di negeri ini. Dari program tersebut, Telkomsel berharap mampu mendorong para pengembang aplikasi untuk turut berpartisipasi memberi dampak sosial yang positif dengan menciptakan terobosan baru.

Tahun ini, talent scouthing The NextDev telah berlangsung sejak April hingga Oktober mendatang. Selama periode tersebut, para peserta bakal mempresentasikan ide-ide brilian mereka dalam pitching day yang digelar di tujuh kota, antara lain Surabaya, Semarang, Denpasar, Batam, Samarinda, Yogyakarta, dan Jakarta.

Para juri yang terdiri atas Yoris Sebastian (Founder OMG Consulting), Dennis Adishwara (Founder & CEO Layaria Network), Alamanda Shantika (Founder Binar Academy), Valencia Dea (Principal of ANGIN), dan Alfatih Timur (CEO KitaBisa.com) akan menentukan 20 startup terbaik dari tiap kota untuk berkompetisi di Final Pitching Day di Jakarta Oktober mendatang.

Pitching Day Yogyakarta

Berlangsung pada Kamis (27/9/2018), sebanyak 20 startup telah terpilih untuk mengikuti talent scouting di Yogyakarta. Seperti tahun sebelumnya, The NextDev 2018 adalah program yang diikuti WNI berusia 18-30 tahun. Mereka bisa mendaftar secara individu atau tim (berisi maksimal tiga orang) melalui situs thenextdev.id.

Para peserta melakukan registrasi ulang sebelum mengikuti kegiatan The NextDev Talent Scouting Yogyakarta. (Telkomsel)

General Manager Sales Region Jawa Tengah dan DIY Retno Wardani mengatakan, program The NextDev dibuat untuk mendorong sekaligus memperkuat para kreator aplikasi yang berpartisipasi dalam talent scouting agar mampu melahirkan inisiatif dan terobosan yang memberikan dampak sosial yang positif bagi kemajuan Indonesia.

“Kami memandang bahwa sebuah karya dapat bernilai tinggi apabila mampu menghadirkan solusi yang bermanfaat bagi masyarakat," kata Retno di Yogyakarta, Kamis (27/9/2018).

Melalui program tersebut, generasi muda diharapkan bisa memanfaatkan teknologi untuk menciptakan aplikasi-aplikasi yang bisa menjadi solusi bagi permasalahan masyarakat. Aplikasi itu bisa dari pelbagai unsur, mulai dari pendidikan, pemerintahan, transportasi, agrikultur, hingga perdagangan.

Para juri The NextDev Talent Scouting Yogyakarta. (Telkomsel)

Untuk Yogyakarta, sebanyak 20 startup telah terpilih untuk mengikuti talent scouting di Yogyakarta. Ke-20 peserta tersebut antara lain:

  1. DesignForDream
  2. CelenganProperty
  3. Neurafarm (Dr. Tania)
  4. TemanDokter
  5. Artenov
  6. Lunaz
  7. Eclipse
  8. Iven Frame
  9. Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB)
  10. Wozmi
  11. Naree
  12. Neurabot
  13. 1010Dry
  14. CitaIndonesia
  15. ToBe Farm
  16. Lift Up
  17. Parooh
  18. Kodi
  19. Yoofix
  20. Farming ID

Selamat untuk para calon pemenang! Semoga aplikasi ini benar-benar bisa bermanfaat secara maksimal ya, Millens. (IB15/E03)