Diincar Kolektor Dalam dan Luar Negeri, Miniatur Diecast Bikinan Pemuda Magelang Ini Keren Banget

Diincar Kolektor Dalam dan Luar Negeri, Miniatur Diecast Bikinan Pemuda Magelang Ini Keren Banget
Ilustrasi diecast. (Liputan6)

Modifikasi miniatur mobil dengan teknik diecast oleh seorang pemuda Magelang ini unik banget. Produknya dikenal hingga ke luar negeri dengan harga nggak main-main.  

Inibaru.id – Nggak cuma dikoleksi, seorang pemuda di Dusun Sorogaten, Desa Bringin, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah ini memodifikasi mobil mainan. Bhakti Aris Wandari, begitu dia disebut, mengaku bisnis ini dimulainya dari kecintaannya dalam dunia diecast.

Diecasting merupakan metode produksi mainan dengan cara melelehkan logam atau metal untuk kemudian dituang dan dicetak sesuai dengan bentuk yang diinginkan.

Hobi yang Ditekuni

Karier Aris dimulai saat dirinya menjadi pengrajin cincin di Muntilan.

“Dulu awalnya cuma koleksi. Main ke tempat-tempat jualan mainan terus dapat mobil-mobil kecil, 'kan banyak teman-teman yang koleksi terus kepengin,” jelasnya.

Namun kecintaannya pada diecast membuatnya menekuni hobi  memodifikasi mobil-mobilan diecast mulai 2019 lalu. Aris akhirnya memberanikan diri untuk mengikuti perlombaan dengan modal model diecast modifikasinya.

“Pas main instagram lihat ada beberapa yang dicustom, penasaran, nyoba-nyoba akhirnya sempat jadi, tapi belum bisa presisi. Terus belajar, ikut lomba jadi tahu kekurangan, apa yang harus dibenahi, apa yang dirubah semua. Akhirnya, sampai sekarang bisa dijual," ungkap lelaki 27 tahun ini.

Bahan Beli Daring

Bahannya dia peroleh dari toko daring. (Borobudur news)
Bahannya dia peroleh dari toko daring. (Borobudur news)

Lelaki ini mengaku mendapatkan bahan baku seperti Hot Wheels dan lainnya dari toko daring. Dirinya kemudian memodifikasinya dengan menambahkan pintu bisa dibuka, kap dibuka dengan lebih detail.

“Untuk bahan diecast sebenarnya saya menggunakan dari brand-brand Hot Wheels, tapi casting sendiri ada dari aluminium," terang lelaki lulusan SMK Muhammadiyah 1 Salam ini.

Dilirik Kolektor Luar Negeri

Ketekunan serta kepiawaiannya dalam memodifikasi mobil mainan membuat para kolektor dalam maupun luar negeri jatuh hati. Aris mengungkapkan bahwa produknya bisa terjual hingga Puerto Rico Amerika Serikat dan Skotlandia.

Bhakti Aris Wandari dengan karyanya. (Detik.com)
Bhakti Aris Wandari dengan karyanya. (Detik.com)

Karya Aris memang belum mencapai ratusan karena produknya butuh ketelitian serta waktu yang lama untuk diselesaikan. Menurutnya, perlu waktu 1 minggu hingga lebih dari sebulan untuk pengerjaan sebuah mainan saja.

“Saya mengerjakan pelan-pelan untuk satu mobil juga nggak satu hari jadi. Paling paling bisa satu minggu, dua minggu, kadang satu bulan, ada yang beberapa mobil masuk hari ini, paling satu tahun lagi baru jadi," pungkasnya

Kini dirinya memasarkan produknya lewat akun instagramnya. Sebuah mobil diecast dihargai Rp 500 ribu hingga Rp 4 juta. Kamu tertarik meminang mobil mainan diecast buatan Aris, Millens? (Det/IB27/E05)