Desa Wisata Gemawang di Kabupaten Semarang, Apa Keistimewaannya?

Desa Wisata Gemawang di Kabupaten Semarang, Apa Keistimewaannya?
Desa wisata Gemawang. (Sideka)

Selain memproduksi batik, apa lagi keistimewaan Desa Wisata Gemawang, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang, ya?

Inibaru.id – Memiliki sumber daya alam yang melimpah, Desa Gemawang berpotensi menjadi desa wisata yang paling dicari wisatawan. Mulai dari sektor pariwisata, perkebunan, pertanian, hingga industri, ada di Desa Gemawang. Maka, nggak heran kalau desa ini kerap memenangkan kejuaraan desa terbaik sampai tinggkat nasional.

Dari segi pariwisata Desa Gemawang dikenal sebagai labsite pemberdayaan masyarakat dan lokawisata budaya. Keberadaan Gunung Watu dan Batik Gemawang menjadi magnet yang menarik banyak orang untuk datang ke desa tersebut.

Gunung Watu. (Nusantara7)

Gunung Watu merupakan tumpukan batu vulkanik raksasa yang membentuk lorong gua. Pada 8 Agustus 2017, wisata alam tersebut dibuka untuk umum usai diresmikan Bupati Semarang Mundjiri.

Batik Berkelas di Desa Gemawang

Selain tempat wisata, Desa Gemawang juga dikenal sebagai sentra produksi batik Kabupaten Semarang. Kerajinan batik tulis dan cap itu berlokasi di Dusun Banaran. Jadi, selain berwisata, kamu juga bisa beli oleh-oleh batik sepulang dari desa tersebut.

Batik Gemawang. (Lihatfoto)

Belakangan, Gemawang memang banyak dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, untuk sekadar one day travel atau live in selama beberapa hari. Sejumlah paket wisata juga mulai dibuat di tempat yang masih asri dan sejuk tersebut.

Baca Juga: Jalan Terjal Berujung Manis, Pemasaran Batik di Desa Gemawang

Jadi, kapan mau berkunjung ke desa istimewa ini, Millens? (IB24/E03)