Dengan Kecap THG, Makan Soto Kudus Makin Terasa Nikmat

Dengan Kecap THG, Makan Soto Kudus Makin Terasa Nikmat
Kecap THG. (Kumparan)

Kecap THG telah bertahan berpuluh-puluh tahun di Kudus, Jawa Tengah. Kecap ini seolah menjadi pendamping setia untuk menyantap soto. Meski semakin banyak merek kecap baru bermunculan, masyarakat Kudus telanjur mencintai produk asal Desa Tanjung Karang ini.

Inibaru.id – Nggak semua orang lebih akrab dengan kecap dari merek-merek besar. Meski digerus zaman, sejumlah perusahaan kecap rumahan tetap bertahan. Di Kudus, kecap lokal THG masih bertahan menjadi pilihan utama sebagian keluarga.

THG merupakan singkatan dari Tan Hwie Gong, nama pendiri pabrik kecap tersebut. Lantaran rasa manis dan gurihnya seimbang, banyak pemilik rumah makan Soto Kudus menggunakan kecap ini.

Sebelum menetap di Jalan Lingkar Selatan, Desa Tanjung Karang, Kecamatan Jati, pabrik kecap THG sempat berpindah beberapa kali. Ini dilakukan lantaran sang pemilik nggak pengin aktivitas di pabriknya mengganggu aktivitas warga.

Memasuki generasi keempat, kecap THG telah dipasarkan di beberapa wilayah seperti Jepara, Demak, Pati, dan Semarang. Dengan bahan-bahan yang terjaga kualitasnya, nggak heran kecap THG masih tetap eksis di tengah gempuran merek-merek baru.

Hm, mau mencoba manisnya kecap THG? Boleh kok, siapa tahu, kamu malah jatuh cinta dan mengganti kecapmu dengan kecap ini. (IB15/E03)