David Ingin Usaha Doodle Art-nya Bermanfaat bagi Orang Lain

Pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia kian bergeliat. Berbagai macam usaha kini mulai melirik ekraf sebagai salah satu peluang bisnis yang banyak dicari. Di Medan, Sumatra Utara misalnya, ada sebuah bisnis yang meraih omzet puluhan juta rupiah berkat usaha doodle art.

David Ingin Usaha Doodle Art-nya Bermanfaat bagi Orang Lain
Doodle art. (bukalapak.com)

Inibaru.id – Bakat seni dan kreativitas jadi modal utama bisnis yang telah dijalankan David Wijaya sejak dua tahun lalu. DWS Kellington, namanya. Usaha tersebut adalah usaha doodle art yang dimanfaatkan untuk memproduksi berbagai produk seperti suvenir dan produk lainnya.

DWS Kellington berawal dari hobi membuat doodle yang sudah ditekuni oleh David sejak 2009. Selepas masa kuliah, yaitu tahun 2014, dia semakin memantapkan hobinya dan terus memaksimalkan kemampuannya. Akhirnya, muncul ide membuat produk dan souvenir bergambar doodle.

Dengan teknologi canggih sekarang ini, gambar David yang semula hanya asal gambar dapat dibuat lebih rapi dan menarik. Dia lalu menempelkannya pada media kartu sehingga membentuk pop up.

"Ternyata banyak yang memberi respon positif. Dari sinilah terpikir kenapa tidak ini saya coba tawarkan sebagai produk,” ungkapnya.

Saat itu, kreasinya hanya terdiri dari beberapa produk mulai dari bingkai foto, kartu ucapan, dan kotak hadiah. Pemasaran pun dilakukan dari mulut ke mulut melalui teman-temannya. Nggak dinyana, bisnis tersebut berkembang lebih cepat dari yang diduga David.

Akhirnya David membuka toko online di marketplace Tokopedia. “Ternyata coretan tangan saya ini disukai banyak pelanggan. Bersyukur sekali, karena sekarang bukan cuma jadi sumber penghasilan, tapi juga bisa bikin bangga orang tua,” lanjutnya.

Ditulis Youngster.id (28/03/2018), kini bisnis doodle art David mampu memperoleh penghasilan bulanan hingga puluhan juta. Dia juga mulai memperkerjakan dua orang pegawai untuk membantu proses produksi. Penghasilan ini bisa melonjak hingga 2 kali lipat pada momen-momen tertentu, seperti Hari Valentine, Natal, dan momen istimewa lainnya.

Nggak cuma itu, Millens, di Tokopedia, DWS Kellington merupakan jajaran top merchant dengan reputasi toko bintang lima. Jika dilihat lagi ke dalam akunnya, terlihat hampir semua konsumen memberikan tanda bintang 5 serta ulasan-ulasan positif.

Berawal dari Nekat

David Wijaya. (Marketing.co.id)

Percaya nggak Millens kalau David mengawali usahanya dengan modal nekad? Yap, setelah lulus kuliah dengan nilai yang memuaskan, sebenarnya David telah ditawari beasiswa sekolah magister dan pekerjaan lo. Akan tetapi, dia memilih untuk melakoni bisnis yang sesuai dengan keinginan hatinya.

Meskipun dengan berat hati menolak kedua tawaran tersebut dan memulai dari nol, David optimis bisa sukses dari usahanya. Terbukti, kini produk doodle art yang dijual David semakin beragam mengikuti keinginan pasar.

Selain sukses mendulang keuntungan, David juga punya harapan lain. Dia ingin membuat DWS Kellington jadi sociopreneur. Kedepannya, David berharap ingin menyumbangkan keuntungan dari DWS Kellington kepada anak-anak penderita kanker, dan mengajak ibu-ibu dari anak tersebut untuk ikut terlibat dalam projek DWS Kellington.

Wah, mulia sekali ya tujuan David, mesti ditiru nih Millens! (IB06/E05)