Dari Pati, Rasa Kecap Ikan Lele Bikin Lidah Jatuh Hati

Dari Pati, Rasa Kecap Ikan Lele Bikin Lidah Jatuh Hati
Kecap Ikan Lele. (kecapmaniscaplelesolosukoharjoklatenboyolalikaranganyar.wordpress)

Nggak sedikit penjual makanan di Semarang yang menggantungkan resepnya pada kecap ini. Yap, kendati berasal dari Pati, kecap lokal dengan jenama "Ikan Lele" tersebut memang menjadi pilihan di wilayah sekitarnya, termasuk Kota Lunpia.

Inibaru.id – Kecap Ikan Lele mungkin terdengar familiar di telinga orang dari luar Kabupaten Pati. Kecap ini memang bisa dijumpai di warung-warung kecil di Jawa Tengah. Di tengah ramainya merek-merek baru, kecap Ikan Lele masih tetap eksis. Ini bertahan sejak 1954.

Didirikan oleh Go Tjwan Hok atau Pranoto, pabrik kecap Ikan Lele kini dipegang oleh generasi kedua yakni Budi Santoso. Menurut Budi, kecap buatannya masih bisa eksis lantaran tetap menjaga kualitas.

Dia juga mengklaim nggak menggunakan pengawet selain garam dan gula. Dalam sebulan, pabrik ini sanggup menghabiskan 50 ton kedelai.

Bicara tentang pemasarannya, kecap Ikan Lele hanya disebar di Kabupaten Pati saja. Namun lantaran semakin banyak peminat, nggak sedikit orang dari luar kabupaten membeli kecap ini.

Hingga kini, kecap Ikan Lele sudah tersebar sampai ke Semarang, Bengkulu, Palembang, dan beberapa wilayah lain di Sumatra, lo. Hm, sudah sampai ke mana-mana ya?

Untuk harganya, kecap Ikan Lele dijual dengan harga sekitar Rp 8.700–18.000. Kamu yang pengin beli, bisa datang langsung ke pabriknya yang berada Jalan Pati-Juwana Kilometer 3, Sarirejo, Kecamatan Pati.

Eits, tapi kalau nggak mau repot, tinggal cari saja di sejumlah toko daring. Selamat ngecap! (IB15/E03)