Dari Gerabah Hingga Karya Seni, Segalanya Ditemukan di Empat Desa Wisata Ini
Gerabah dari Karanganyar, Magelang. (Infoborobudur)

Dari Gerabah Hingga Karya Seni, Segalanya Ditemukan di Empat Desa Wisata Ini

Setiap desa wisata di Kabupaten Magelang memiliki produk unik. Mulai dari kerajinan gerabah hingga seni lukis, bisa kamu dapatkan di sana. Supaya punya gambaran, yuk kepoin dulu desa mana saja yang sebaiknya nggak kamu lewatkan.

Inibaru.id – Candi Borobudur merupakan salah satu tempat yang mampu menarik ribuan wisatawan setiap hari. Untuk memaksimalkan potensinya sebagai daerah wisata, Kementerian BUMN lantas mengembangkan program Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di sekitar 20 desa. Setiap desa memiliki produk khasnya masing-masing. Kamu yang belum tahu ada apa saja di sana, sebaiknya kepoin dulu empat desa wisata ini.

Desa Tuksongo

Kalau kamu pengin menemukan desa dengan produk yang “nggak biasa”, Desa Tuksongo adalah jawabannya. Desa ini memproduksi topeng besi yang bisa menjadi hiasan rumah. Selain topeng besi, Desa Tuksongo juga memiliki Tuksongo Visual Arts House milik seniman Deddy PAW. Sebagai sanggar seni, Deddy PAW memproduksi pelbagai karya dengan tema apel. Tertarik membeli karyanya? Lihat-lihat dulu ke sana, yuk.

Desa Wanurejo

Museum Gunoroso Pondok Tinggal merupakan tempat yang wajib kamu kunjungi jika sedang berada di Desa Wanurejo. Di sana, kamu bisa belajar banyak hal tentang wayang, lo. Selain wayang, kamu juga bisa membeli ornamen-ornamen lucu bernuansa etnik.

Desa Karanganyar

Sedang mencari perlengkapan dapur atau hiasan rumah dari gerabah? Desa Karanganyar menjadi gudang kerajinan ini. Mulai dari cobek, kendil, hingga guci bisa kamu temukan di sana.

Hayoo, desa mana nih yang pengin banget kamu kunjungi? Boleh-boleh saja memborong semua, asal tetap perhatikan bujetmu. Saat berbelanja, jangan pula kalap. Tetap prioritaskan benda mana saja yang jadi kebutuhanmu supaya nggak sia-sia ya. (IB15/E03)