Melting Pot untuk Industri Kreatif Semarang Bernama 3/4 Coworking Space

Melting Pot untuk Industri Kreatif Semarang Bernama 3/4 Coworking Space
Suasana di 3/4 Coworking Space. (Inibaru.id/Clara Ariski)

Menjamurnya industri kreatif dan bisnis startup menjadi salah satu pemicu banyaknya co-working space, salah satunya 3/4 Coworking Space yang menjadi wadah bagi insan kreatif di Semarang. Seberapa menarik?

Inibaru.id – Ruang kerja bersama a.k.a. co-working space menjadi pilihan logis bagi para pekerja kreatif, khususnya mereka yang menyukai konsep open space. Tempat kerja yang nyaman plus "tetangga" yang sepemikiran menjadikan ide kreatif yang bertebaran menyatu dalam kolaborasi bisnis yang menguntungkan.

Kira-kira, begitulah gambaran di co-working space, konsep "mulia" yang juga coba ditawarkan 3/4 Coworking Space. Bertempat di Jalan Imam Soeparto No 9, Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah, ruang kerja bersama itu mencoba membuat "inkubator" bagi pegiat startup, mahasiswa, freelancer, komunitas, dan entrepreneur

Co-Founder cum Head of Business Development 3/4 Coworking Space Muhammad Pradytio mengatakan, mereka terus berusaha aktif mengedukasi masyarakat tentang nilai lebih dari co-working space. Yap, karena selain menyediakan tempat, mereka juga memiliki andil untuk mendorong perkembangan industri kreatif.

"Ya, bukan hanya tempat singgah, tapi juga menjadi lab (laboratorium) untuk berkarya," tuturnya.

 

3/4 Coworking Space mewadahi kegiatan berbagai komunitas di Semarang. (Muhammad Pradytio)

Pradytio menambahkan, berkolaborasi dengan para pekerja kreatif sembari terus memenuhi kebutuhan pasar merupakan cara yang dipilih tim agar bisnis ini semakin berkembang.

Nggak hanya itu, 3/4 Coworking Space juga berusaha "mengawinkan" minat masyarakat dengan program yang ditawarkan. Tim akan terjun ke lapangan untuk mengetahui iklim industri kreatif. Setelah hasil riset didapat, termasuk ide dari pihak eksternal, tim akan mengadakan kelas-kelas sesuai hasil tersebut.

Kolaborasi dengan "Kompetitor"

Perlu kamu tahu, banyaknya co-working space yang menjamur di Semarang nggak serta-merta menjadikan co-working space lain sebagai kompetitor 3/4 Coworking Space. Nggak! Mereka justru memilih saling bahu-membahu menghidupkan iklim kreatif di kota yang acap dianggap miskin kreativitas itu dengan mencetuskan sejumlah program kreatif yang menarik.

Kegiatan-kegiatan komunitas yang ada di Semarang biasanya digelar di 3/4 Coworking Space, sementara pertemuan atau diskusi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dikerjakan di di co-working space lain seperti Impala Space yang berlokasi di Kota Lama Semarang. Syahdu banget!

Cara ini juga diterapkan dalam skala nasional. Jadi, selain lokal Semarang, 3/4 Coworking Space juga berkerja sama dengan co-working space di berbagai kota untuk mengadakan acara berskala nasional.

Co-Founder 3/4 Coworking Space, Muhammad Pradytio. (Inibaru.id/Clara Ariski)

Wah, keren! Semoga ruang kerja bersama macam 3/4 Coworking Space ini terus berhasil menjalankan peran mereka sebagai melting pot bagi industri kreatif di Kota Lunpia. Yeah, biar iklim kreatif di Semarang tetap lestari. Sepakat, Sobat Millens? (Clara Ariski/E03)