Cobain Nih! Penganan dari Tepung Kulit Pisang yang Kaya Rasa dan Nutrisi

Cobain Nih! Penganan dari Tepung Kulit Pisang yang Kaya Rasa dan Nutrisi
Kulit pisang. (Manfaatbanget.com)

Bila biskuit biasanya terbuat dari tepung terigu, seorang pria di Demak membuatnya dari tepung kulit pisang. Kok bisa? Yuk simak!

Inibaru.id – Millens, kamu pernah dengar soal kulit pisang yang bisa diolah menjadi tepung serba guna kaya nutrisi? Nah, di Demak, Jawa Tengah, ada seorang mahasiswa yang sukses menjadi pengusaha makanan olahan tepung kulit pisang.

Namanya adalah Imam Kustamam. Pemuda yang tinggal di daerah Sokokidul, Kabupaten Demak ini berkuliah di jurusan Teknologi Pangan di Universitas Semarang.

Ditulis Merdeka.com (23/02/2017), dia menceritakan bagaimana proses pengolahan kulit pisang menjadi tepung.

Awalnya, kulit harus dipisahkan terlebih dahulu dari buahnya. Lalu, kulit pisang tersebut direndam menggunakan garam.

Proses ini nggak boleh sembarangan, Millens. Takaran garam harus pas.

Biskuit olahan dari tepung kulit pisang. (merdeka.com)

Kulit pisang yang telah direndam tersebut kemudian dikeringkan. Proses pengeringannya dapat menggunakan alat pengering atau memanfaatkan sinar matahari.

"Untuk prosesnya, jika dikeringkan menggunakan alat pengeringan prosesnya cukup satu hari tetapi kalau menggunakan panas matahari bisa sampai dua hari," tuturnya.

Setelah kering, kulit pisang tersebut kemudian ditumbuk sehingga menjadi serbuk tepung. Agar tumbukannya merata, digunakan saringan untuk memilah tepung yang telah tertumbuk sempurna.

Hasil akhir dari proses ini, akan menyisakan sepuluh persen dari total bahan mentah sebelumnya. "Hasil bersihnya sepuluh persen dari berat kulit pisangnya," katanya. Wah!

Setelah jadi, tepung kulit pisang ini bisa diolah menjadi apa saja. Namun, Imam punya menu andalan dari tepung kulit pisang, yaitu biskuit. Kabarnya, biskuit ini punya rasa yang nggak kalah enak dari biskuit berbahan tepung terigu.

Oya, sama seperti tepung pada lazimnya, tepung dari kulit pisang ini juga mengandung protein, lemak, karbohidrat dan serat kasar.

Nah, gimana Millens? Tertarik juga untuk bikin tepung dari kulit pisang seperti Imam? (IB06/E05)