Ide Nyentrik Keripik Jomblo Beromzet Puluhan Juta

Ide Nyentrik Keripik Jomblo Beromzet Puluhan Juta
Abdul Haaq dan Keripik Jomblo. (instagram/keripikjombloid)

Berawal dari tugas kuliah, siapa sangka jika bisnis keripik singkong pedas milik Abdul Haaq bisa sesukses sekarang. Bernama Keripik Jomblo, keripik ber-tagline unik tersebut kini beromzet puluhan juta.

Inibaru.id - Sobat Millens lagi jomblo? Mungkin camilan ini cocok di lidah kamu. Namanya Keripik Jomblo, keripik singkong pedas buat para jombloers.

Mengutip detik.com (8/6/2018), keripik bernama unik tersebut merupakan produk buatan Abdul Haaq, pemuda asal Bekasi. Dirintis pada 2014, usaha keripik singkong tersebut berawal dari tugas kampus salah seorang sahabatnya. Saat itu, Abdul yang juga berkeinginan merintis sebuah bisnis kemudian mengajak sahabatnya untuk membuat Keripik Jomblo.

Eh, tapi kenapa namanya Keripik Jomblo? Menurut Abdul, ini lantaran fenomena jomblo dari dulu hingga sekarang bahkan mungkin sampai berpuluh-puluh tahun nanti akan tetap akan ada. Sehingga mereka memilih nama nyetrik tersebut untuk keripik buatan mereka.

Keripik Jomblo. (Bukalapak.com)

Omzet Puluhan Juta

Nah, saat dijual di kampus, nggak disangka respon yang diterima cukup baik. Alhasil, bisnis keripik tersebut terus berlanjut. Bahkan, produk keripik yang menggunakan total modal awal Rp 1 juta tersebut kini memiliki omzet hingga puluhan juta, lo. Ya, dalam sebulan Keripik Jomlo bisa terjual hingga 5 ribu bungkus dengan omzet bisa mencapai Rp 50 juta. Wow!

Eits, tapi tentunya hal tersebut nggak didapat dengan mudah, lo. Berbagai kendala sempat mereka alami terutama saat awal merintis bisnis tersebut. Bahkan, usaha Keripik Jomblo sempat vakum, sebelum akhirnya bisa stabil seperti sekarang.

Salah satu kendala yang di alami yaitu bahan baku. Saat awal merintis, Abdul merasa sangat kesulitan untuk mendapatkan bahan baku berkualitas bagus. Sempat membeli dua karung bahan baku di pasar induk, ternyata hanya bagian atas saja yang bagus, sehingga menyebabkan harus gagal produksi.

Belum lagi adanya kenaikan harga minyak yang berimbas kepada semua harga pokok untuk produksi keripik. Mulai dari harga singkong, kemasan hingga pengiriman. Nggak tanggung-tanggung, hal tersebut membuat penjualan Keripik Jomblo menurun hingga 80%. Karena itu mereka sempat memutuskan untuk vakum.

Kemasan Unik

Tagline unik Keripik Jomblo. (instagram/keripikjombloid)

Memiliki tagline “cemilan anti galau”, Keripik Jomblo memiliki 3 level rasa kepedasan. Uniknya, level kepedasan keripiknya juga diberi nama yang nggak kalah nyentrik. Ada rasa di PHP-in, untuk tingkat level kepedasan terendah, rasa diputusin untuk level kepedasan sedang dan untuk level terpedas ada rasa ditinggal kawin. Wah, ada-ada saja ya?

Selain itu, kemasan keripiknya juga nggak kalah unik. Berwarna merah, kemasan Keripik Jomblo memiliki quote atau kata-kata buat para jomblo Indonesia.  

Wah, inspiratif banget ya, Millens? (IB05/E05)