Bulk Store Life & Co; Toko Grosir Ramah Lingkungan Pertama di Semarang

Bulk Store Life & Co; Toko Grosir Ramah Lingkungan Pertama di Semarang
Life & Co, Bulk Store pertama di Kota Semarang. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Pertama ada di Semarang, Life & Co hadirkan beragam produk untuk penuhi gaya hidup ramah lingkunganmu.

Inibaru.id - Di Semarang, terdapat satu toko grosir berkonsep ramah lingkungan atau yang sering dikenal dengan istilah bulk store bernama Life & Co.

Toko ini diprakarsai oleh komunitas BACK-IND, yaitu komunitas yang bergerak di bidang lingkungan. Berada di Jalan Sukun Raya nomor 41, Banyumanik, Kota Semarang, Life & Co, toko ini pas banget buat kamu yang sedang menerapkan gaya hidup peduli lingkungan. Khusus selama pandemi corona, bulk store pertama di Semarang ini buka pukul 10.00 - 15.00 WIB.

Toko ini menjual beragam keperluan seperti perlengkapan sehari-hari ramah lingkungan berupa alat makan, alat mandi, dan wadah yang bisa dipakai ulang. Selain itu juga menjual bahan makanan dan minuman yang dijual secara grosir seperti biji kopi dan teh.

Untuk membeli di toko ini, Sifa salah satu inisiator Life & Co dan BACK-IND menjelaskan jika pembeli harus membawa wadah sendiri.

Produk-produk di Life & Co dijamin ramah lingkungan. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)<br>
Produk-produk di Life & Co dijamin ramah lingkungan. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

“Kalau orang mau beli bahan curah seperti jahe, kunyit, beras dan lainnya, mereka harus pakai wadah sendiri. Kalau mereka nggak bawa wadah nanti bisa beli dari kami,” jelasnya melalui aplikasi pesan singkat (23/4).

Selain itu, Life & Co juga menjalin kerjasama dengan bank sampah yang ada di Semarang. Bank sampah dapat menitipkan produknya di toko ini. Sejak awal, Sifa mengaku pendirian toko ini sama sekali tanpa modal karena banyak pihak yang mendukung termasuk Jamkrida Jawa Tengah dan beberapa UMKM.

“Kami ngajuin proposal bisnis ecosociopreneur dan mereka mendukung dengan menyewakan tempat yang kami pakai dan mereka modal,” ungkapnya.

Toko ini juga banyak menggunakan barang bekas yang diperoleh dari donasi yang dibuka melalui media sosial mereka.

Seorang pembeli sedang memilih produk Life & Co. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)<br>
Seorang pembeli sedang memilih produk Life & Co. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Sebagai toko yang mengusung konsep ramah lingkungan, Sifa juga menjelaskan jika Life & Co menjual produk organik yang langsung diambil dari produsen atau petani. Proses pengambilan produk-produknya sebisa mungkin dilakukan tanpa plastik.

Sifa mengaku jika target utama Life & Co adalah mahasiswa dan kalangan menengah ke atas yang sudah teredukasi tentang zero waste.

Gimana menurutmu, Millens? Sudah pernah ke sini belum? (Julia Dewi Krismayani/E05)