Bukan Lagi Mimpi, Mobil Terbang Bakal Lalu-lalang di Jalan Raya

Bukan Lagi Mimpi, Mobil Terbang Bakal Lalu-lalang di Jalan Raya
Mobil terbang PAL-V Liberty. (Tempo/ carscoops.com)

Mobil terbang PAL- V Liberty sudah mendapat izin di jalan raya. Berarti kemungkinan, bayangan-bayangan akan masa depan dengan mobil terbang bersilewaran itu bukan sekadar imajinasi.

Inibaru.id - Salah satu bayangan imajiner akan masa depan salah satunya adalah adanya mobil terbang. Namun sebentar lagi bayangan itu tampaknya bukan jadi angan-angan belaka. Dilansir dari Detik kini beberapa perusahaan mengembangkan mobil terbang. Salah satunya adalah mobil terbang PAL-V Liberty.

PAL-V Liberty diproklamirkan sebagai mobil terbang pertama di dunia ini telah mendapat persetujuan digunakan di jalan raya. Mobil terbang ini pun sekarang legal digunakan di jalanan Eropa.

Liberty lulus tes untuk digunakan di jalan Eropa yang ketat. Bahkan secara perizinan, juga sudah mendapat pelat nomor resmi. Ini menandai selesainya program uji berkendara yang ketat dan ekstensif yang dilakukan di trek uji sejak Februari 2020.

PAL-V Liberty telah mendapat izin di jalan. (Detik/ Istimewa)<br>
PAL-V Liberty telah mendapat izin di jalan. (Detik/ Istimewa)

Sebelum diuji dan diijinkan di jalan, PAL-V liberty dites di lingkungan tertutup. Mobil terbang ini diuji melaju dengan kecepatan tinggi sambil menikung di tikungan oval, uji rem dan emisi, serta uji polusi udara.

Sejak 2015, desain PAL-V Liberty telah melalui sertifikasi penerbangan dengan European Aviation Safety Agency (EASA). Diperkirakan, sertifikasi penerbangan mobil terbang ini selesai pada 2022.

Liberty juga telah melalui proses panjang. Sebelum 150 jam terakhir pengujian penerbangan, lebih dari 1.200 laporan pengujian harus diselesaikan. Setelah itu, perusahaan dapat memulai pengiriman ke pelanggan. Namun, untuk beberapa bulan mendatang, Liberty akan menjalani uji ketahanan di jalan umum di seluruh Eropa.

Sementara menurut Mike Stekelenburg selaku CTO PAL-V, pihaknya telah bekerja sama dengan otoritas jalan selama bertahun-tahun untuk mendapat pencapaian ini. Dia mengungkapkan kalau timnya merasakan kegembiraan yang luar biasa.

"Sangat menantang untuk membuat 'pesawat lipat' lulus semua tes masuk jalan raya. Bagi saya, trik sukses membuat mobil terbang adalah memastikan desainnya sesuai dengan regulasi udara dan jalan."

Wah, kamu minat nggak nih beli mobil terbang, Millens? (Detik/IB28/E05)