Yuki, Biskuit Tempe yang Atasi Kelaparan dan Malnutrisi

Yuki, Biskuit Tempe yang Atasi Kelaparan dan Malnutrisi
Biskuit tempe Yuki. (jawapos.com)

Biskuit terbuat dari terigu atau gandum? Itu sudah biasa. Lantas bagaimana kalau biskuit terbuat dari tempe?

Inibaru.id – Biasanya biskuit identik terbuat dari terigu atau gandum ya, Millens. Eits, biskuit yang satu ini berbeda dari biasanya. Mengusung merek Yuki (Yummy Cookie), biskuit itu terbuat dari bahan baku tempe.

Nggak hanya tempe, biskuit Yuki juga terbuat dari bekatul dan tepung umbi ganyong lo. Biskuit yang kaya protein, serat, dan kalori itu merupakan hasil kreasi lima mahasiswi Universitas Brawijaya, Malang.

Mereka adalah Ngesti Ekaning Asih, Af’idatul Lutfita, Susi Wardani, Nur Afida Nuzula, dan Lusia Kartika Ratri.

Kelima mahasiswi pencipta biskuit Yuki. (youngster.id)

Tahu nggak, tujuan awal pembuatan biskuit Yuki sebagai solusi masalah kelaparan dan kekurangan gizi. Berkat biskuit Yuki, kelima mahasiswi jurusan Teknologi Hasil Pertanian itu melaju ke final kompetisi pangan dunia.

Kompetisi bertajuk The International Union of Food Science and Technology (IUoFST) Product Development Competition 2018 itu akan diadakan di CIDCO Exhibition Centre, Mumbai, India pada 23-27 Oktober 2018.

Kelaparan dan Malnutrisi

Merdeka.com (9/6/18) menulis bahwa data dari Food and Agriculture Organization (FAO) menjadi latar belakang pembuatan Yuki. Data tersebut menunjukkan sekitar 124 juta manusia di dunia terancam kelaparan sepanjang 2017.

Jumlah itu terus bertambah setiap tahunnya. Selain kelaparan, masalah malnutrisi juga menjadi hal yang sering ditemui di Indonesia.

Karena itu tim biskuit Yuki berinovasi dengan mengolah biskuit dari bahan-bahan yang mengandung nutrisi baik untuk mengatasi kelaparan dan malnutrisi.

Tempe, kaya akan serat pangan, kalsium, vitamin B dan zat besi. (liputan6.com)

“Tempe, ganyong, dan bekatul bermanfaat bagi penderita autisme dan malnutrisi. Kandungan kalorinya pun tinggi sehingga bisa mengatasi wabah kelaparan dunia,” jelas Ngesti selaku ketua tim pada merdeka.com.

Yap, semua dikemas dengan apik dalam tampilan biskuit yang menarik. Masa simpannya pun lama, Millens. Jadi nggak perlu khawatir mudah berjamur.

Sehat, kaya nutrisi, dan kelihatannya nikmat. Hm, jadi nggak sabar pengin ikut mencicipi biskuit tempe ini! (IB10/E05)