Bikin Penampilan Makin Bersahaja dengan Batik Kawung

Bikin Penampilan Makin Bersahaja dengan Batik Kawung
Batik kawung. (Rkb)

Seperti batik-batik lain, batik motif kawung memiliki makna yang mendalam. Nggak sekadar bikin si pemakai tampil bersahaja, batik ini juga jadi simbol kesuburan dan umur panjang. Hm, apa saja sih makna batik ini?

Inibaru.id - Berbentuk empat penjuru mata angin dan disusun berbentuk diagonal. Jika kamu pernah menjumpai batik dengan motif ini, maka batik motif kawung-lah yang sedang kamu lihat. Sebagian orang mungkin sering menemukan batik ini meski kurang familiar dengan namanya.

Semar, salah satu tokoh dalam pewayangan, menggunakan batik kawung sebagai pakaiannya. Karakternya yang setia dan penuh pengabdian pada para kesatria tergambar pula dalam batik ini. Seperti batik-batik lain, batik kawung pun mengandung nilai kehidupan yakni kesetiaan.

Kawung juga kerap menjadi representasi antara sang pemimpin dan yang dipimpin. Rakyat dan raja menjadi elemen-elemen yang saking mengikat. Rakyat sudah seharusnya mengabdi pada raja, sementara raja mengabdi pula dengan melindungi rakyatnya.

Batik kawung. (Tokopedia)

Itu saja? Tunggu dulu. Motif ini merupakan simbol kesuburan dan umur panjang. Sepintas, bentuk motif kawung memang tampak seperti biji. Lewat batik ini, kesuburan tanah Jawa digambarkan dengan tumbuhnya pelbagai jenis tumbuhan. Dari biji di batik ini pula, orang Jawa berharap mendapat karunia Tuhan agar berumur panjang.

Dari satu motif saja, batik memiliki banyak arti ya. Kalau di tempatmu, adakah batik dengan arti motif yang mendalam juga? Sharing ceritamu di kolom komentar bawah ini yuk! (IB15/E03)