Manfaatkan Kardus Bekas untuk Bisnis? Why Not?

Manfaatkan Kardus Bekas untuk Bisnis? Why Not?
Kandang kucing yang terbuat dari kardus. (fatinia.com)

Punya banyak stok kardus nganggur? Yuk manfaatkan jadi aneka barang bernilai jual.

Inibaru.id – Konon, nggak ada yang sia-sia di dunia ini. Begitu pula dengan barang bekas di rumahmu. Yap, jangan buang kardus bekas di rumahmu begitu saja, Millens. Kardus bekas nggak hanya bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang lama, lo. Kamu bisa banget membentuk kardus menjadi barang bernilai jual. Yuk, intip apa saja transformasi kardus.

Mainan Anak

Perahu mainan dari kardus. (jual-mainan.com)

Kardus bisa dijadikan bahan produksi mainan anak yang lucu dan unik. Kamu bisa membuat kitchen set mini, mesin cuci, rumah, kamera, kuda-kudaan, mobil, dan lain-lain. Jadi, nggak melulu mengoleksi mainan dari plastik kan? Mainan anak dari kardus dibanderol dengan harga Rp 50 ribu hingga Rp 1 juta, seperti ditulis Kontan.co.id (19/8). Hm, lumayan banget kan?

Replika

Replika piano. (wowkeren.com)

Kamu bisa membuat pelbagai replika atau miniatur benda-benda di sekitar kamu, seperti berbagai alat musik, rumah adat, dan sebagainya. Untuk permulaan, kamu bisa meniru mencari tahu cara pembuatannya di internet. Setelah kamu cukup mahir, kamu bisa menciptakan produk unik yang bakal mendongkrak bisnismu.

Dekorasi Event dan Ruangan

Dekorasi dari kardus. (mldspot.com)

Dekorasi event dari sterofoam sudah biasa. Coba bikin dari kardus biar anti-mainstream.  Biar terkonsep, kamu harus menentukan tema dekorasi terlebih dahulu. Biar makin ciamik, kamu juga bisa melukis dan menggambar permukaan kardus.

Sebetulnya, kardus nggak hanya bisa menjadi hiasan. Banyak juga lo furnitur seperti meja dan kursi yang dibuat dari kardus.

Menarik ya. Jadi kamu tertarik mencoba yang mana, nih? (IB08/E05)