Berbagai Soft Skill yang Harus Kamu Miliki di Era Teknologi Informasi

Berbagai Soft Skill yang Harus Kamu Miliki di Era Teknologi Informasi
Berpikir kritis menjadi salah satu soft skill yang harus dimiliki seseorang di era teknologi informasi. (Sekawanstudio)

Era teknologi informasi memungkinkan banyak hal dilakukan secara otomat. Namun, bukan berarti peran manusia otomatis tersingkirkan. Di era tersebut, kita justru membutuhkan berbagai soft skill untuk bisa bersaing di tengah masyarakat. Apa saja?

Inibaru.id - Perubahan cepat yang terjadi khususnya dalam bidang teknologi belakangan ini berdampak pada perubahan bisnis di seluruh negara. Di dunia kerja, teknologi memungkinkan adanya automasi dalam berbagai hal. Profesi yang semula dikerjakan manusia kini digantikan oleh mesin.

Pada satu sisi, teknologi memberikan kemudahan dan efisiensi dalam banyak hal. Dari segi bisnis, tentu saja ini menguntungkan. Apakah hal tersebut otomatis menjadi kerugian bagi manusia yang tenaganya jadi nggak berguna?

Jawabannya, belum tentu! Kendati telah diperkuat dengan kecerdasan buatan, hingga kini teknologi belum berhasil menggantikan manusia. Dalam beberapa hal, misalnya kemampuan berinteraksi memahami, serta membina hubungan dengan orang lain, manusia masih menjadi andalan.

Kemampuan inilah yang kerap disebut soft skill. Di era teknologi informasi, kemampuan tersebut bukanlah omong kosong. Pelbagai keterampilan yang "manusiawi" ini tetaplah dibutuhkan di lingkungan kerja atau kehidupan sosial.

Soft Skill Dasar yang Dibutuhkan

Sejumlah soft skill diperlukan agar bisa bekerja sama dengan tim. (Cias)
Sejumlah soft skill diperlukan agar bisa bekerja sama dengan tim. (Cias)

Berbeda dengan kemampuan teknis, soft skill bukanlah sesuatu yang bisa kita peroleh dalam waktu singkat. Untuk mendapatkan kompetensi seperti yang kita harapkan, berbagai hal harus kita kuasai sejak dini.

Berikut ini soft skill dasar yang kita butuhkan di era teknologi informasi sekarang ini.

1. Complex Problem Solving

Kemampuan berpikir jernih dan mendalam terhadap suatu masalah merupakan salah satu soft skill terpenting yang harus kamu miliki. Kemampuan identifikasi, lalu menyeleksi informasi, menentukan solusi, dan mengevaluasinya adalah bagian dari kemampuan complex problem solving ini.

2. Critical Thinking

Critical thinking adalah kemampuan untuk berpikir kritis dan memberi imbal balik yang disertai dengan alasan yang logis.

3. Creativity

Kreativitas adalah kemampuan untuk menemukan sesuatu yang unik dan orisinal. Nggak harus benar-benar baru, bentuk kreativitas bisa pula muncul dengan mengembangkan apa yang sudah ada kemudian memodifikasinya.

4. People Management

Untuk mampu berinteraksi dengan tim, people management atau kemampuan mengelola orang lain sangatlah diperlukan, termasuk di dalamnya kemampuan leadership.

5. Coordinating with Other

Berkoordinasi dengan orang lain bukanlah sesuatu yang sepele. Nggak jarang, ketidakmampuan berkoordinasi berimbas buruk pada kerja sama tim atau komunikasi dengan klien. Maka, ini menjadi soft skill yang juga dibutuhkan kita.

6. Emotion Intelligence

Ini merupakan kemampuan untuk mengatur emosi, dalam hal ini termasuk di dalamnya kemampuan untuk mengidentifikasi, mengelola serta memanfaatkan emosi.

7. Judgment and Decision Making

Kemampuan untuk mengambil keputusan dalam kondisi apa pun, termasuk ketika sedang berada di bawah tekanan, mutlak diperlukan di era teknologi informasi seperti sekarang ini. Maka, kemampuan mengambil keputusan harus kamu miliki.

8. Service Orientation

Ini merupakan kemampuan untuk "melayani", baik bagi perusahaan maupun pelanggan, tanpa semata mengharapkan penghargaan.

9. Negotiation

Soft skill ini hampir nggak mungkin bisa dilakukan mesin. Maka, sampai kapan pun kemampuan bernegosiasi tersebut bakal ansih dibutuhkan.

10. Cognitive Flexibility

Bekerja efektif dan efisien diperlukan untuk membuat pekerjaan lebih cepat terselesaikan. Nah, untuk bisa melakukan hal tersebut, kemampuan cognitive flexibility diperlukan agar kamu bisa berpikir sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.

Untuk bisa bersaing di era teknologi informasi sekarang ini, ke-10 soft skill ini perlu kamu miliki. Kemampuan mana yang sudah kamu miliki, Millens? (Bap,Pro,Kom/MG44)