Belajar Agama Lewat Gim Interaktif IDN Superkidz

Sebanyak 12 aplikasi gim untuk anak-anak telah diluncurkan Ahmad Arif Faizin dan tiga kawannya pada Ramadan ini. Selain menghibur, aplikasi gim tersebut sekaligus berisikan ilmu-ilmu Islam dasar yang bermanfaat untuk anak-anak.

Belajar Agama Lewat Gim Interaktif IDN Superkidz
IDN Superkidz. (Ahmad Arif Faizin)

Inibaru.id - Produksi aplikasi di ponsel pintar kita terus saja berkembang dan bertambah. Mobile game termasuk salah satu penyumbang terbesar bertumbuhnya aplikasi di gawai kita. Keberadaannya diminati masyarakat dari pelbagai kalangan, dari dewasa hingga anak-anak.

Gim-gim tersebut nggak jarang membuat orang, khususnya anak-anak, kecanduan hingga lupa waktu. Kekhawatiran ini terbaca oleh Ahmad Arif Faizin. Khawatir anak-anak terus kecanduan gim yang kurang mendidik, pemuda asal Semarang, Jawa Tengah, itu meluncurkan aplikasi gim yang cocok untuk anak-anak.

Bersama tiga rekannya, Arif mencoba menciptakan gim berbasis android yang mengajarkan nilai-nilai positif untuk anak. Mereka berusaha mengusung konsep bermain sambil belajar dalam aplikasi-aplikasi yang bernaung di bawah IDN Superkidz tersebut. Aplikasi yang diluncurkan pada Ramadan kali ini, tepatnya pada 24 Mei 2018 itu memiliki 12 macam gim.

Dua belas aplikasi gim khusus anak. (Ahmad Arif Faizin)

Ke-12 macam gim tersebut yaitu gim Mengenal Huruf Latin, Mengenal Hewan, Mengenal Huruf Hijaiyah, Akhlak Anak Kepada Orang Tua, Adab Sebelum Tidur, Akhlak Kepada Teman, dan lain-lain. Saat ini, aplikasi-aplikasi tersebut telah bisa diunduh melalui Play Store, Millens.

Sebagai seorang android developer, Arif menginginkan agar anak-anak bisa mendapatkan manfaat positif dari bermain gim. Ini lantaran Arif menyadari, konten-konten aplikasi gim saat ini masih minim yang mengajarkan hal positif untuk anak.

“Anak-anak kan dunianya masih suka di gim ya, kalau hanya belajar dari buku saja cepat bosan,” ujar Arif saat ditemui Inibaru.id di kantor ID-Networks di kawasan Tembalang, Semarang, belum lama ini.

Gim-gim yang diciptakan tersebut memberikan konten pembelajaran sederhana yang mudah dipahami oleh anak-anak. Ditambah dengan visualisasi yang menarik dan audio untuk pelafalan, anak-anak bisa lebih berinteraksi dan merasa senang dalam mempelajari ilmu-ilmu dasar.

Arif yang juga merupakan alumnus pesantren IDN Semarang ini mulai menekuni dunia android developing sejak dua tahun lalu. Selama di pesantren, Arif nggak hanya mendalami ilmu agama Islam, dia juga mempelajari ilmu-ilmu IT.

“Gim ini juga dijadikan sebagai referensi pembelajaran anak-anak di SMP dan SMK IDN yang ada di Bogor, agar nantinya mereka dapat membuat aplikasi seperti ini,” jelasnya.

Aplikasi gim "Mengenal Huruf Hijaiyah". (Ahmad Arif Faizin)

Selain bentuk pengapliasian ilmu, Arif juga mengaku pengin memperbanyak aplikasi android dengan konten islami.

“Karena masih sedikit aplikasi yang berkonten islami, ini juga sekaligus jadi bentuk dakwah. Kan menyebarkan ilmu bisa lewat mana saja,” tuturnya.

Nah, dengan adanya pelbagai macam gim yang nggak hanya aman untuk anak, tapi juga bisa memberikan pelajaran-pelajaran yang bermanfaat bagi kecerdasan anak, orang tua nggak perlu khawatir lagi. Bahkan, orang tua juga bisa ikut andil dalam mengajarkan hal-hal baik kepada anaknya melalui gim-gim tersebut. (Putri Rachmawati/E03)