Upgrade Ilmu, Perwakilan Karang Taruna Se-Cilacap Adakan Pelatihan Digital Marketplace

Upgrade Ilmu, Perwakilan Karang Taruna Se-Cilacap Adakan Pelatihan Digital Marketplace
Peserta dan panitia Pelatihan Digital Marketplace Karang Taruna Kabupaten Cilacap. (Karang Taruna Cilacap)

Karang Taruna Kabupaten Cilacap mengadakan Pelatihan Digital Marketplace untuk memberi pengenalan dan praktik berjualan di digital marketplace.

Inibaru.id - Internet bisa membantu kita dalam banyak hal, termasuk berjualan. Saat ini, memasarkan produk nggak hanya dilakukan dengan bertatap muka secara langsung. Untuk menjangkau pasar yang lebih luas, kita juga bisa memasarkan produk via daring, termasuk berjualan di pasar online, atau istilah kerennya digital marketplace.

Sadar akan kebutuhan digital marketplace, Karang Taruna Kabupaten Cilacap mengadakan Pelatihan Digital Marketplace di Hotel Green Liana, Cilacap, belum lama ini. Pelatihan ini diikuti 30 peserta perwakilan karang taruna tingkat desa dan kecamatan se-Cilacap.

Ketua Panitia Irvan Pratama menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang digelar sejak 2016 untuk mengembangkan ekonomi masyarakat. Tahun ini mereka menggelar pelatihan digital marketplace karena menurutnya, perkembangan zaman ke ranah digital mengharuskan pemuda berdikari dan berdaya menangkap peluang ini.

“Aktivitas di digital marketplace memungkinkan pemuda berkontribusi terhadap organisasi untuk ekonomi mapan," tuturnya.

Pelatihan diisi Anas Mubarok dan Imam Arkan Mutohar dari komunitas Bukalapak Cilacap. Mereka menyampaikan materi tentang konsep dan teknik berjualan di digital marketplace. Oya, perlu kamu tahu, Bukalapak merupakan salah satu digital marketplace yang cukup terkenal di Indonesia, selain Lazada, Tokopedia, dan Shopee.

Materi dimulai dari pengenalan tentang marketplace sampai bagaimana memaksimalkan penjualan di platform tersebut. Anas menyampaikan, dalam berjualan di marketplace, pedagang harus mengenali marketplace tempat dia berjualan, termasuk produk yang dijual.

“Kita harus memiliki passion terhadap barang yang kita jual,” ungkapnya.

Dia juga menjelaskan tipe penjual di marketplace, antara lain dropshiper, reseller, dan supplier. Selain itu, Anas juga banyak bercerita tentang skema berjualan di marketplace yang meliputi meriset produk, mengunggah produk, dan melakukan promosi.

Pelatihan ini juga diisi dengan praktik gimana memotret produk, memilih barang yang akan dijual, serta membuat tampilan toko digital agar lebih menarik. Terakhir, dia juga menjelaskan gimana penjual melakukan promosi atau memaksimalkan penjualan dengan fitur-fitur yang tersedia.

Zainal Arifin, salah seorang peserta menyampaikan, ilmu yang didapatkannya itu sungguh bermanfaat. Dia juga mengapresiasi acara tersebut dan berjanji akan membagikan ilmu yang didapatnya ke pemuda karang taruna di desanya. (Kholid Awr/E03)