Bejen, Masker Kopi kaya Manfaat

Nggak hanya nikmat ketika diseduh, kopi juga bermanfaat untuk menutrisi wajah, Millens. Melihat potensi ini, ada mahasiswa yang memutuskan bikin masker dari kopi. Wah, gimana ya, caranya?

Bejen, Masker Kopi kaya Manfaat
Produk Bmask Coffee (Bejen masker kopi) diperkenalkan dalam Bejen Expo. (ristekdikti.go.id)

Inibaru.id – Ide untuk membuat masker kopi tercetus ketika Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) di desa Bejen, Temanggung. Masker kopi tersebut diberi label Bmask Coffee (Bejen masker kopi).

Potensi pertanian di Temanggung ada banyak sekali, seperti cengkeh, jambu, tembakau, cabai, dan lain-lain. Tapi hasil tani yang paling melimpah adalah kopi. Sebagai upaya diversivikasi dan mendongkrak produk unggulan di Temanggung, kopi jadi pilihan bahan baku masker ini. Hm, makin banyak kan, nilai guna dari kopi.

Oya, ada kegiatan yang harus dilaksanakan sebelum memproduksi masker kopi, Millens. Yaitu program pendampingan Wanawisata Desa Kemuning, Masker kopi di Desa Bejen.

Program ini dibagi menjadi tiga tahap. Pertama, ada sosialisasi tentang kopi dan manfaatnya. Dilanjutkan dengan pelatihan cara mengolah biji kopi menjadi bubuk kopi. Terakhir, cara mengaplikasi bubuk kopi jadi masker wajah. Praktik dan pengetahuan jadi seimbang, deh.

Bubuk kopi perlu dicampur bahan lain seperti minyak atau madu supaya lebih gampang diaplikasikan ke wajah. (savynaturalista.com)

Manfaat Masker Kopi

Kulit wajah yang kusam disebabkan penumpukan sel kulit mati. Bubuk kopi bisa jadi scrub yang membantu mengangkat sel kulit mati. Setelah sel kulit mati terangkat, kulit jadi lebih halus dan cerah.

Zat organik dalam kopi juga nggak kalah bermanfaat buat kulit. Antioksidan kopi yang tinggi bisa mengatasi dan mencegah masalah kulit wajah yang diakibatkan oleh sinar UV dan juga radikal bebas.

Biarkan masker wajah meresap selama beberapa menit demi hasil maksimal. (nutritiouslife.com)

Bye-bye buat segala macam noda di wajah. Dengan menggunakan masker kopi secara rutin, kamu bisa menyamarkan noda bekas jerawat dan lingkar hitam di bawah mata.

Well, makin ngga sabar coba masker kopi? Mungkin aja aroma maskernya juga bisa bikin melek seperti segelas kopi. He he. (MG13/E05)