BerandaPasar Kreatif
Sabtu, 26 Nov 2022 12:01

Banyaknya Keuntungan Berjualan Online Live Shopping

Banyaknya Keuntungan Berjualan Online Live Shopping

Pasar Indonesia memiliki prospek penjualan online live shopping yang cukup menjanjikan. (Mashmoshem)

Sudah banyak toko yang berjualan online live shopping. Cara jualan seperti ini memberikan banyak keuntungan. Apa saja benefit yang bisa kamu dapatkan?

Inibaru.id - Sekitar lima tahun lalu, berjualan secara daring caranya cukup sederhana. Kamu cukup mengunggah foto produk, memberikan deskripsi lengkap, menambahkan kontak, lalu tinggal menunggu orderan masuk.

Sekarang, berdagang di dunia maya telah mengalami banyak perkembangan. Salah satu tren yang marak dilakukan para toko daring adalah berjualan secara live.

Bermodal live streaming lewat smartphone atau yang biasa disebut online live shopping, kamu jadi bisa lebih leluasa memasarkan barang dagangan. Penonton atau calon pembeli jadi tahu detail produk yang kamu jual, Millens.

Media sosial seperti Facebook, Tiktok, Instagram, dan e-commerce seperti Shopee sudah menyediakan fitur untuk berjualan live. Masyarakat kita pun sudah terbiasa dengan cara berjualan seperti ini.

Riset Ipsos menemukan, sebanyak 78% konsumen pernah mendengar dan mengetahui alternatif belanja melalui live streaming, bahkan 71% telah mengaksesnya, dan 56% mengaku pernah membeli produk melalui live streaming selama masa pandemi.

Dari fakta itu bisa kita simpulkan bahwa di pasar Indonesia, prospek penjualan online live shopping cukup menjanjikan, ya?

Keuntungan Berjualan Live

Live streaming bisa memberi tahu seberapa besar respons dari penonton. (Keeppack)
Live streaming bisa memberi tahu seberapa besar respons dari penonton. (Keeppack)

Nah, jika kamu adalah penjual daring dan sedang mempertimbangkan menempuh cara ini, ada baiknya simak dulu beberapa keuntungan dari berjualan live.

Mengukur Antusias Masyarakat

Berjualan live dapat kamu manfaatkan untuk mengukur antusiasme masyarakat terhadap produk yang kamu jual. Antusias itu bisa kamu lihat dari jumlah orang yang menonton atau jawaban yang langsung mereka berikan kepadamu. Dari percakapan yang kamu bangun saat live, kamu bisa tahu apa komentar mereka mengenai jualanmu.

Membantu Mengembangkan Bisnis

Live streaming dengan calon pembeli adalah kesempatan untuk mendapatkan feedback baik saran atau kritik dari produkmu. Feedback itu bisa kamu jadikan acuan untuk pengembangan produk selanjutnya.

Menjaga Hubungan Baik dengan Pelanggan

Dengan menyapa calon pembeli secara langsung, kamu bisa membangun hubungan baik dengan mereka. (Akseleran)
Dengan menyapa calon pembeli secara langsung, kamu bisa membangun hubungan baik dengan mereka. (Akseleran)

Berjualan live dapat membangun hubungan baik antara penjual dan calon pembeli. Saat live ajak mereka untuk ngobrol seputar produk, pengemasan, pengiriman, dan hal yang berkaitan dengan barang jualanmu. Melalui interaksi itu, pelanggan akan merasa semakin dekat denganmu.

Kepercayaan Calon Pelanggan

Calon pelanggan yang awalnya ragu dengan keaslian produk dan kurang yakin dengan kualitas produk akan mendapatkan jawaban setelah menonton live kamu. Kamu juga bisa menjelaskan produk secara detail, seperti bahan, tanggal kadaluarsa, dan proses pengirimannya. Penjelasan yang rinci itu bikin pelanggan lebih percaya.

Setelah mengetahui keuntungan-keuntungan apa yang akan kamu peroleh, sekarang saatnya untuk mencoba berjualan live.

Semoga semakin laris daganganmu ya, Millens! (Siti Khatijah/E05)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved