Bantu Kurangi Produksi Sampah, Perusahaan-Perusahaan Ini Bikin Gelas Siap Lahap

Bantu Kurangi Produksi Sampah, Perusahaan-Perusahaan Ini Bikin Gelas Siap Lahap
Gelas yang bisa dimakan dari Loliware. (Loliware)

Bertujuan lindungi lingkungan dari kerusakan limbah plastik, beberapa perusahaan ini ciptakan produk edible cups alias gelas siap makan yang ramah lingkungan.

Inibaru.id – Plastik menjadi masalah lingkungan jarena sulit terurai. Berbagai kampanye telah diserukan untuk mengurangi penggunaan plastik. Nah, untuk mendukung kampanye itu benda-benda pengganti plastik diciptakan.

Seperti yang dilakukan oleh salah satu perusahaan bernama Evoware. Mereka menciptakan produk unik, yakni gelas ramah lingkungan yang bisa dimakan bernama Ello Jello.

Gelas ini adalah produk pertama dari Evoware, sebuah startup yang dibangun oleh David Christian. Pemuda kelahiran Bandung yang sempat berdomisili di Canada ini mengaku terinpirasi dari keadaan lingkungan sekitar yang banyak menggunakan plastik.

“Evoware itu salah satu produk inovasi. Sebenarnya saya ambil dari kata evolution ware. Intinya apa yang kami lakukan di sini adalah ingin mengurangi penggunaan plastik. Kita tahu plastik itu terurainya lama dan bisa merusak lingkungan. Dari sinilah lahir ide untuk menciptakan Evoware,” ungkap David seperti ditulis Youngster.id, Senin (9/1/2017).

Edible cups atau gelas yang bisa dimakan, menjadi solusi terbaik untuk mengurangi penggunaan gelas plastik sekali pakai biasa yang dapat membuat sampah plastik menumpuk, Millens.

Gelas ini juga sangat aman dikonsumsi siapa saja karena terbuat dari bahan rumput laut tanpa pemanis buatan dan atau pun gelatin. Selain itu, dalam pembuatannya juga tanpa bahan pengawet dan pewarna buatan. Yang pasti, wadah ini nggak akan menjadi timbunan sampah dan dapat terurai cepat.

Rumput laut. (radarpekalongan.co.id)

Bahan baku pembuatan yakni rumput laut, dipilih lantaran bahan bakunya berlimpah di Indonesia. Menurut David, hal itu juga bisa membantu para petani rumput laut karena selain untuk menjaga lingkungan, misi utama bisnisnya memang untuk tujuan sosial.

"Kita produsen rumput laut terbesar. Tapi kebanyakan diekspor. Lagi pula banyak tengkulak yang biasanya beli Rp 14-16 ribu per kg. Kalau kami bisa bayar Rp 100 ribu per kg," ujarnya.

Nggak cuman produk gelas saja, Evoware juga menjual produk lain seperti plastik kemasan saset yang bisa dimakan. Bahan baku pembuatannya juga terbuat dari rumput laut yang aman di konsumsi.

Nah, selain Evoware, ternyata banyak juga loh perusahaan yang ikut peduli terhadap lingkungan dengan merilis produk yang sama, edible cups. Salah satunya perusahaan Loliware asal New York yang menciptakan sekaligus dengan sedotan yang siap lahap. Wah, asyik ya?

Nggak cuman dari rumput laut, ada juga loh, gelas yang berbahan dasar tepung alias gelas kue yang bisa kamu makan sampai habis. Sayangnya, yang satu ini masih sulit ditemukan di Indonesia. Semoga cepat hadir di Indonesia ya Millens. (IB07/E05)