Bandit Farm 033, Peternakan Unik yang Dikelola Mantan Napi

Bandit Farm 033, Peternakan Unik yang Dikelola Mantan Napi
Suwarno saat mengurus hewan ternak di Bandit Farm 033, peternakan yang dikelola mantan napi. (Joglojateng.com)

Sebuah peternakan di Batang, Jawa Tengah, bernama Bandit Farm 033 dikelola oleh mantan Napi. Kini, peternakan ini terus berkembang dan berharap bisa mulai menjual hewan ternaknya pada pertengahan 2022.

Inibaru.id – Bandit Farm 033 bukanlah nama yang biasa untuk sebuah peternakan. Kesannya malah mirip seperti peternakan di film-film Cowboy, ya Millens. Menariknya, peternakan yang ada di Kabupaten Batang, Jawa Tengah ini ternyata dikelola oleh mantan narapidana (napi), lo.

Yang mengelola peternakan ini adalah Suwarno. Laki-laki berusia 60 tahun ini adalah mantan napi dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Batang. Usai bebas dari Lapas tersebut, dia kini disibukkan dengan kebutuhan harian dari domba-domba yang ada di peternakan tersebut.

Suwarno mengaku masih nggak menyangka bisa mendapatkan amanah untuk mengelola peternakan yang ada di Desa Wonomerto, Kecamatan Bandar ini. Namun, kalau menilik rekam jejaknya yang berkelakuan baik selama berada di Lapas, wajar jika dia akhirnya mendapatkan kepercayaan ini.

“Saya menjalani asimilasi (berada di luar tahanan sebelum masa hukuman selesai) dengan membantu membuat kandang domba. Peternakan domba itu milik sesama anggota Majelis Darut Taubah di Lapas,” ungkap Suwarno, Minggu (30/1/2022).

Sebenarnya, selain dirinya, ada total lima orang yang membangun kandang peternakan. Hanya, orang-orang lainnya adalah tamping atau mandor asimilasi luar. Nah, begitu Suwarno bebas pada 28 September 2021, dia langsung dimintai kesanggupan untuk mengelola peternakan tersebut.

Ilustrasi: Peternakan. (danadesa.id)
Ilustrasi: Peternakan. (danadesa.id)

Lelaki yang aslinya berasal dari Plantungan, Kendal, ini pun langsung meminta saran dari keluarganya terkait dengan tawaran ini. Ternyata, keluarga mendukung dan akhirnya Suwarno pun mantap untuk mengelolanya.

“Ini kebanggaan. Apalagi orang hina (Suwarno menganggap mantan napi sering dianggap hina di masyarakat) seperti saya diberi kepercayaan. Amanah ini akan saya jaga sebaik-baiknya karena masih diberi kesempatan kedua,” jelas Suwarno dengan penuh semangat.

Setidaknya, ada 39 hewan yang ada di peternakan ini. Ada yang berjenis domba, ada kambing, dolper, serta Moreno. Karena baru berjalan sekitar empat bulan, ternak ini masih dalam tahapan breeding alias diperbanyak jumlahnya. Nah, nantinya pada pertengahan 2022, diharapkan sudah ada ternak yang bisa dijual.

Suwarno mengaku nggak kesulitan menjalankan tugasnya di peternakan ini karena saat kecil sudah sering menggembala sapi dan kambing. Meski begitu, dia mengaku belajar banyak soal peternakan modern.

Keren ya Millens, Bandit Farm 033 ini. Semoga saja semakin banyak tempat-tempat yang bisa menjadi tempat bernaung mantan napi untuk kembali mendapatkan kesempatan usai bebas dari Lapas, ya? (Jog/IB09/E05)