Gelang Kopi, Aksesori Unik Beraroma Robusta

Aksesori nggak hanya bisa dibuat dari manik-manik. Kamu juga bisa membuat aksesori dari biji kopi, lo.

Gelang Kopi, Aksesori Unik Beraroma Robusta
Nesia Wijayanti, pengrajin aksesori dari biji kopi. (Metrojateng/Fariz Fardianto)

Inibaru.id – Kamu suka meminum kopi, Millens? Pernah membayangkan nggak kalau biji kopi hasil sisa kopimu bisa disulap menjadi aneka aksesori? Di Semarang, Jawa Tengah, ada pengrajin aksesoris biji kopi, lo.

Berawal dari kebiasaan sang suami untuk meminum kopi setiap pagi, Nesia Wijayanti mendapat ide untuk meronce biji kopi menjadi beragam benda yang menunjang penampilan. Setelah mencari referensi, dia pun memilih biji kopi robusta yang nggak mudah pecah. Biji kopi ini berbentuk bulat utuh dengan ukuran yang lebih kecil daripada biji kopi arabika.

Ibu rumah tangga tersebut menggunakan biji kopi robusta yang sudah di-roasting. Proses ini dilakukan dengan mesin pengering biji kopi. Bobot biji kopi bakal berkurang setelah proses ini. Tapi, aromanya justru semakin kuat! Oya, semakin lama diproses, biji yang dihasilkan juga semakin gelap. Cara ini membantu keawetan aksesori, lo.

Nah, setelah melewati proses roasting dan betul-betul kering, Nesia melubangi biji kopi satu per satu dengan mesin bor. Nggak mudah, lo, untuk melakukan ini. Perlu proses yang lama untuk melubangi biji kopi sehingga Nesia melakukannya tengah malam, ketika anaknya sudah terlelap.

Setelah dilubangi, biji kopi pun dironce. Nesia juga menambahkan manik-manik agar lebih variatif. Dari biji kopi, Nesia menciptakan anting-anting, kalung, dan gelang. Perlu kamu tahu, semakin lama kamu memakai gelang biji kopi, aroma robusta bakal semakin menguar sedap, lo!

“Saya sudah buktikan, semakin menyerap keringat, aroma akan semakin keluar,” kata Nesia, seperti ditulis metrosemarang.com (6/9/2018).

Aksesori biji kopi ini memiliki banyak peminat, lo. Apalagi, banyak juga yang memesan untuk dijadikan rosario dan tasbih. Harganya? Terjangkau banget! Kamu cuma perlu merogoh kocek Rp 30 ribu sampai Rp 75 ribu per item.

Well, kamu tertarik untuk memilikinya juga, Millens? (IB08/E05)