7 Ide Bisnis Kreatif yang Bisa Dilakukan Generasi Millenial

Masa muda jadi masa emas yang nggak boleh kamu lewatkan begitu saja. Ada banyak peluang yang bisa kamu gunakan untuk mencari pengalaman sebanyak mungkin, salah satunya dengan berbisnis. Berbisnis di usia muda, siapa takut?

7 Ide Bisnis Kreatif yang Bisa Dilakukan Generasi Millenial
Ide bisnis kreatif anak muda. (Pinterest.com)

Inibaru.id – Millens, sukses berbisnis di usia muda bukan lagi suatu hal yang mustahil. Perlu kamu tahu nih, sekarang ini bisnis nggak melulu soal yang muluk-muluk seperti membuka sebuah restoran besar. Masalah uang modal juga bukan lagi jadi hambatan utama. Sekarang ini, kreativitas dan semangat berkarya jadi modal utamanya.

Ada banyak ide bisnis yang nggak kalah menarik dan menjanjikan untuk diseriusi oleh anak muda. Senang berkarya dan punya daya kreativitas tinggi bikin ide-ide bisnis ini hanya bisa dijalankan oleh generasi milenialls seperti kamu. Yuk simak beberapa ide bisnis yang sangat mungkin kamu jalani!

  1. Jasa Wedding Singer

Siapa bilang punya band dan hobi bermain musik sudah nggak punya prospek baik untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah? Nge-band memang sangat populer di tahun 2000-an, tetapi jasanya masih dibutuhkan hingga saat ini kok. Jadi wedding singer, salah satunya. Yap, kalau kamu kesulitan bikin album rekaman, memulainya dari panggung ke panggung pernikahan bisa jadi salah satu jalan menuju kesuksesan. Berbekal keahlian bermain musik dan menghafal lagu-lagu romantis, jasa wedding singer-mu pasti banyak dilirik orang. Bisa mulai dari nyumbang lagu di pernikahan mantan, kan? Eh.

  1. Jasa Videografi

Media sosial memang bukan hanya jadi tempat untuk bersosialisasi. Sekarang, media sosial sudah jadi ladang yang menciptakan banyak lahan pekerjaan. Salah satunya menjadi videografer. Akhir-akhir ini mengunggah video ke Youtube jadi sebuah tren yang banyak diminati. Mulailah dari membuat konten sederhana dan ringan seperti vlog atau video blog. Perlahan pundi-pundi uang akan masuk ke dompetmu jika akun milik kamu sudah banyak yang menonton dan mendapat iklan berbayar.

  1. Jasa Tipografi

Keahlian membuat tipografi dengan desain yang unik jadi satu peluang baik untuk mengawali bisnis lo, Millens. Sekarang ini, banyak sekali bisnis yang menjual jasa tipografi. Desain visual memang semakin dicari seiring dengan perkembangan kemajuan berbagai media sosial berbasis visual seperti Instagram, Pinterest, dan sebagainya. Seni tata huruf tersebut akan semakin menarik jika kamu bisa memadukannya dengan hal lain, seperti grafiti, mural, hingga doodle.

  1. Jasa Cuci Sepatu

Setelah beli sepatu baru, orang-orang akan semangat buat memakainya tiap hari. Tapi menurut Hipwee.com (12/2017), kalau sudah buluk dan kotor, orang akan malas untuk mencucinya. Nah, berawal dari kemalasan orang-orang ini, kamu bisa menjadikan hal tersebut sebagai motivasi untuk membuka bisnis laundry sepatu. satu orang saja punya 2 sepatu kotor, coba kalikan ada berapa pasang sepatu yang bisa datang ke bisnismu ini tiap harinya? Wah, bisa banget tuh!

  1. Clothing Line

Kamu bisa memulai bisnis ini dari menjual pakaian yang sesuai dengan gaya berbusana favorit kamu. Siapa yang tahu kalau hobi mix and match baju yang kerap kamu lakukan juga disukai oleh orang lain. Dengan menekuni bisnis ini, kamu nggak hanya bisa mendapat uang tetapi juga jadi salah satu media untuk menunjukan karakter yang kamu miliki.

  1. Usaha Percetakan

Kalau kamu kebetulan hobi menggambar dan mendesain, coba deh bikin jasa desain dan percetakan yang unik. Kamu bisa coba pakai media binder, notebook, kaos, sepatu, atau apapun yang kamu suka. Zaman sekarang, hal-hal yang orisinil dan berbau handcraft atau homemade begini biasanya laku keras lo. Wah, tunggu apa lagi?

  1. Jasa Fotografi

Nah, kalau yang satu ini pasti kamu sudah nggak asing lagi. Betul, fotografi juga punya peminat yang cukup besar. Kamu nggak perlu muluk-muluk menjadi fotografer di sebuah studio. Mulailah dari hal yang kecil seperti jadi penyedia jasa fotografi di acara-acara kampus atau fotografer penyedia jasa endorse atau pengiklan di Instagram.

Yap, itu dia beberapa bisnis yang cucok untuk kamu yang masih mencoba-coba. Kalau diseriusi pasti deh akan ada hasilnya. Yuk ah, bangun bisnis selagi muda! (IB06/E05)