5 Tips Bagi Millenials yang Pengin Pindah Pekerjaan

Kamu kepikiran pengin pindah pekerjaan? Coba simak tips-tips berikut ini sebelum ambil keputusan.

5 Tips Bagi Millenials yang Pengin Pindah Pekerjaan
Pekerja millenials. (intipesan.com)

Inibaru.id – Memasuki dunia kerja selepas masa pendidikan, nggak sedikit Sobat Millens yang justru masih bergonta-ganti pekerjaan. Seperti yang dikatakan Anthony Fung, CEO Zalora Indonesia.

Dia berpendapat bahwa generasi millenials memang mudah berpindah pekerjaan seperti ditulis kompas.com (24/3/2017). Selain karena mudah bosan, hidup millenials di era media sosial juga membuat mereka terbiasa dengan hal yang serba instan.

Biar nggak salah langkah, yuk simak tips-tips sebelum pindah pekerjaan berikut!

  1. Perhatikan Kelebihan dan Kekurangan

Perhatikan sisi baik dan buruk dari keputusan yang kamu ambil. (endurant.com)

Ada baiknya kamu pertimbangkan dulu kelebihan dan kekurangan yang mungkin terjadi kalau kamu pindah pekerjaan. Yakinkan juga diri kamu kalau keputusan yang kamu ambil memang benar-benar tepat dan bukan hanya keinginan sesaat ya.

  1. Pikirkan Rencana Jangka Panjang

Rancang rencana jangka panjang kamu. (pixtee.com)

Saat kamu memutuskan untuk memulai pekerjaan baru, jangan lupa untuk merancang rencana masa depan juga. Perhatikan kemungkinan peluang yang akan tercipta dari pekerjaan barumu itu. Apakah benar-benar menguntungkan untuk jangka panjang atau hanya memenuhi kebutuhan kamu untuk sementara saja?

  1. Jangan Mudah Tergoda Tren

Jangan mudah tergoda dengan tren yang ada. (kaskus.co.id)

Beberapa pekerjaan mungkin sedang terlihat keren dan menyenangkan untuk millenials seperti kamu. Hm, kamu jadi pengin ikut-ikutan punya pekerjaan itu deh. Ingat, mengambil pekerjaan yang banyak disukai orang meski sebenarnya kamu nggak suka tuh nggak akan membuat kamu nyaman di sana lo.

  1. Jangan Berhenti Bekerja Tanpa Punya Tabungan

Memiliki tabungan adalah mutlak. (gunungrizki.com)

Kamu tentu sepakat dong kalau tabungan mutlak diperlukan untuk menjamin kehidupan kita di masa depan. Jadi sebelum kamu berhenti bekerja, pastikan dulu kalau kamu punya cukup tabungan setidaknya untuk beberapa bulan ke depan. Jangan sampai kamu sudah berhenti bekerja tapi kantung kosong karena nggak ada jaminan dari pekerjaan barumu.

  1. Gonta-ganti Pekerjaan Mempengaruhi Kredibilitas

Sering gonta-ganti pekerjaan bisa mempengaruhi kredibilitasmu. (mpssoft.co.id)

Sadar atau nggak, kebiasaan bergonta-ganti pekerjaan bakal berpengaruh terhadap rekam jejak kamu lo. Ketika kamu mendaftar pekerjaan baru, riwayat gonta-ganti pekerjaan tentu bakal jadi pertimbangan bagi suatu perusahaan yang akan mempekerjakanmu. Kamu bisa saja dianggap nggak loyal pada suatu pekerjaan kan?

Bagaimana, Millens? Setelah membaca tips-tips tadi, semakin siap untuk pindah pekerjaan nggak? (IB10/E05)