5 Kontainer Kopi Robusta Temanggung Siap Diekspor ke Asia dan Eropa

5 Kontainer Kopi Robusta Temanggung Siap Diekspor ke Asia dan Eropa
Lima kontainer biji kopi Robusta asal Temanggung siap diekspor ke Asia dan Eropa. (Kopen)

Kabar gembira untuk Indonesia. Nggak kurang dari lima kontainer biji kopi Robusta asal Temanggung siap diekspor ke Asia dan Eropa.

Inibaru.id – Kopi Temanggung kembali menggeliat. Kopi asal daerah berhawa sejuk di Jawa Tengah yang dikenal sebagai Kota Tembakau itu mulai merambah pasar ekspor. Nggak kurang dari lima kontainer biji kopi Robusta Temanggung siap dilempar ke luar negeri.

Diinisasi Kedutaan Besar Indonesia untuk Belanda dengan Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Indonesia, seremoni Pelepasan Produk Ekspor Kopi Indonesia tersebut digelar Senin (8/8/2022). Tujuannya adalah ke Eropa dan Asia.

Ekspor kopi dilakukan oleh PT Euroindo Commodity Unggul, dengan importir sebuah perusahaan Belanda bernama Four Trade B.V. Sedikit informasi, Four Trade B.V adalah perusahaan beralamat di Amsterdam yang sahamnya dimiliki beberapa orang Indonesia yang berdomisili di Belanda.

Seremoni pelepasan dihadiri Duta Besar Indonesia untuk Belanda HE Mayerfas, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementrian Perdagangan Republik Indonesia Didi Sumedi, dan Atase Perdagangan Republik Indonesia untuk Belanda Sabat Sirait.

Turut serta dalam seremoni tersebut CEO Four Trade B.V. Fahad Attamimi serta perwakilan dari Kadin Indonesia, Komunitas Pengusaha Indonesia di Belanda, Pengusaha Kopi di Indonesia dan Belanda, dan Komunitas Koperasi Kopi Indonesia.

Momentum Meningkatkan Ekspor

Sambutan Duta Besar Mayerfas pada seremoni Pelepasan Produk Ekspor Kopi Indonesia Senin, 8 Agustus 2022. (PT Euroindo Commodity Unggul)
Sambutan Duta Besar Mayerfas pada seremoni Pelepasan Produk Ekspor Kopi Indonesia Senin, 8 Agustus 2022. (PT Euroindo Commodity Unggul)

Duta Besar Mayerfas memberikan apresiasi tertinggi atas ekspor biji kopi yang dilakukan PT Euroindo Commodity Unggul. Dalam sambutannya, dia berharap seremoni yang digelar daring ini bisa menjadi momentum peningkatan ekspor Indonesia, khususnya komoditas kopi.

“Semoga ini bisa membantu pemulihan ekspor Indonesia, terutama untuk komoditas nonmigas,” ungkapnya, Senin (8/8).

Nggak lupa, Mayerfas juga memuji Four Trade B.V yang telah berperan nyata dalam upaya mengambil alih impor produk Indonesia ke Eropa yang selama ini lebih sering dilakukan perusahaan asing. Menurutnya, Four Trade B.V punya peran penting dalam usaha memasarkan produk Indonesia ke Eropa dan negara lain tanpa harus melalui trader asing.

Setali tiga uang, Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag RI Didi Sumedi juga menyambut baik kinerja ekspor kopi Indonesia yang terus naik di tengah permintaan biji kopi global yang menurun secara signifikan.

“Hal ini menandakan bahwa kualitas dan daya saing kopi Indonesia bisa bersaing di pasar global, terutama di Eropa,” kata dia. “Data ekspor kopi Indonesia selama Januari 2022 adalah 166 ribu ton senilai 471 juta dolar AS, meningkat 37 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.”

Trading Produk Asli Indonesia

CEO dari Four Trade B.V Fahad Attamimi dalam sambutannya mengatakan, saat ini perusahaan yang dipimpinnya memang tengah fokus trading produk asli Indonesia untuk dipasarkan ke seluruh dunia. Tujuan utamanya adalah untuk memotong jalur perdagangan yang selama ini dikuasasi trader asing.

“Kami adalah perusahaan dengan legalitas dan operasional dari Belanda. Kami dimiliki orang Indonesia yang berdomisili di Belanda,” kata Fahad. “Saat ini puluhan kontainer produk asli Indonesia telah dikirim Fourtrade B.V ke seluruh dunia setiap bulannya.”

Dia berharap, apa yang dilakukan Four Trade B.V bakal berdaya untuk menaikkan harga pembelian di level supplier Tanah Air serta mampu meningkatkan kesejahteraan petani dan eksportir di Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Atase Perdagangan Republik Indonesia untuk Belanda Sabat Sirait pun mengajak seluruh peserta untuk ikut berpartisipasi dalam salah satu pameran dagang terbesar di Indonesia, Trade Expo Indonesia (TEI) 2022.

“Rencana, tahun ini TEI akan dilakukan hybrid, offline dan online. Target transaksinya adalah 10 miliar dolar AS, meningkat dari transaksi 2021 sebesar 6 miliar dolar AS,” tegasnya, optimistis.

Melihat animo pasar luar negeri yang begitu besar ini, nggak menutup kemungkinan produk kopi dalam negeri akan terus berjaya di kancah internasional. Bersiap-siaplah ambil bagian di dalamnya, Millens! (IB04/E03)