4 Usaha Pertanian Simpel di Rumah Ini Hasilkan Untung Maksimal!

4 Usaha Pertanian Simpel di Rumah Ini Hasilkan Untung Maksimal!
Ilustrasi tanaman. (Sunset)

Mumpung banyak waktu di rumah, kamu bisa mencoba peruntungan dnegan bisnis tanaman, berikut adalah empat bisnis tanaman yang dijamin bikin kantongmu tebal. Apa saja?

Inibaru.id – Selama pandemi, masyarakat dituntut untuk membatasi aktivitas di rumah aja. Selama itu  juga, berbagai pekerjaan dan aktivitas dilakukan dari rumah. Nggak terkecuali adalah aktivitas berkebun yang kini kian diminati.

Buatmu yang punya kesenangan merawat tanaman, empat bisnis pertanian yang simpel ini bisa datangkan untung meski kamu di rumah aja. Apa saja?

Tanaman Hias

Tanaman hias yang kian naik daun. (Ikea)
Tanaman hias yang kian naik daun. (Ikea)

Banyaknya ketertarikan dengan berbagai macam tanaman hias, bikin bisnis satu ini kian moncer di masa pandemi. Nggak cuma untuk pemanis di berbagai acara, tamanan hias kini juga banyak diminati untuk dipelihara di halaman rumah sendiri.

Bisnis satu ini juga fleksibel karena menanam tanaman hias nggak sesulit menanam tanaman pangan, Millens! Kamu bisa memulainya dengan menanam bugenvil yang cocok di berbagai medan atau spiderplant yang juga nggak pernah kehabisan peminat.

Pertanian Hidroponik

Pertanian hidroponik juga kian diminati. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
Pertanian hidroponik juga kian diminati. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Meski sempat populer beberapa waktu lalu, kini pertanian dnegan teknik hidroponik masih tetap diminati terutama bagi masyarakat perkotaan yang minim lahan. Teknik jenis ini bisa dibangun dengan menggunakan paralon yang disusun bertingkat.

Untuk media tanam, hidroponik nggak lagi memerlukan tanah, melainkan air yang punya sirkulasi baik serta beberapa nutrisi tanaman lainnya. Biasanya pertanian jenis ini diminati oleh kalangan menengah ke atas yang bersedia membeli produk hidroponik dengan harga tinggi.

Pertanian Organik

Ilustrasi produk organik. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
Ilustrasi produk organik. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Pertanian jenis ini menghasilkan buah dan sayur yang bebas dari pestisida, sehingga dipercaya lebih aman bila dikonsumsi. Seiring luasnya pengetahuan masyarakat, hasil pertanian organik juga kian diminati lo.

Bahkan mengkonsumsi produk organik menjadi gaya hidup bagi sebagian orang. Nggak heran, produksi dan penjualan produk pertanian jenis ini kian meningkat pesat.

Pembibitan Tanaman

Beberapa bibit tanaman berharga tinggi. (Tribunnews)
Beberapa bibit tanaman berharga tinggi. (Tribunnews)

Bisnis satu ini cocok untukmu yang memiliki lahan yang nggak terlalu luas. Bisnis yang satu ini hanya pelu media tanam serta polybag saja sehingga bisa dilakukan di pekarangan rumah. Beberapa bibit pohon juga memiliki harga jual tinggi lo, seperti bibit jati, cendana, cengkeh dan yang lainnya.

Nah buatmu yang banyak waktu saat di rumah, mana nih yang mau kamu coba duluan, Milenns? (Aku/IB27/E05)