Bisnismu Stagnan? 4 Tips Ini Bisa Banget Kamu Praktikkan

Bisnismu Stagnan? 4 Tips Ini Bisa Banget Kamu Praktikkan
Saat bisnismu mandek, kamu harus segera memperoleh jalan keluarnya. (peluangusahaterkini.com)

Ada kalanya bisnis yang kamu jalankan dalam kondisi hidup segan mati nggak mau. Nah, tips berikut ini bakalan mengatasinya.

Inibaru.id Millens, sebagai pelaku bisnis tentu pingin mendapat keuntungan yang berlimpah. Namun, dunia bisnis nggak semudah yang kita bayangkan karena dunia bisnis ibarat roda: kadang di atas, kadang di bawah.

Sebagai contoh kasus, beberapa waktu yang lalu batu akik diminati seluruh golongan masyarakat alias sedang di puncak ketenaran. Berkat ketenarannya, banyak masyarakat berduyun-duyun berbisnis batu akik tanpa mempertimbangkan kemampuan dan kesiapan mental. Pelan namun pasti, bisnis batu akik nggak seramai dulu, bahkan sekarang banyak pelaku bisnis batu akik gulung tikar.

Nah, jika kalian nggak pingin gagal dalam berbisnis seperti kasus di atas, berikut ada 4 tips mencegah bisnis gulung tikar, sesuai ditulis ekonomi.kompas.com, (4/9/2018). Cekidot!

Bersedia berubah

Ilustrasi. Kondisi pasar atau konsumen sangat berpengaruh terhadap perkembangan produk. Lebih baik mencoba memperbarui atau membuat produk lain

Kondisi pasar atau konsumen sangat berpengaruh terhadap perkembangan produk. Lebih baik mencoba memperbarui atau membuat produk lain. (entrepreneurcamp.id)

Mengklaim produk yang lebih baik, padahal di sanalah masalah bersarang. Banyak pelanggan potensial yang justru menentang prdouk yang diperjualbelikan. Oleh karena itu, kalian harus memahami kondisi pasar atau konsumen jika ingin berbisnis atau berwirausaha.

Tingkatkan harga produk atau jasa

Ilustrasi. Harga murah untuk mendapat pelanggan sah-sah saja, tapi pembisnis harus memikirkan keuntungan juga.

Harga murah untuk mendapat pelanggan sah-sah saja, tapi pembisnis harus memikirkan keuntungan juga.(entrepreneurcamp.id)

Sekilas cara ini memang nggak masuk akal karena makin murah suatu barang, maka peminat makin banyak. Namun, kalian nggak bisa memperbarui harga produk tersebut karena lama-kelamaan keuntungan nggak akan menutup kebutuhan dan pengeluaran. Kalian harus mempertimbangkan gaji karyawan, sewa bangunan, dan harga bahan atau alat.

Pertimbangkan strategi promosi

Ilustrasi. Strategi pemasaran menjadi poin penting dalam dunia bisnis

Memikirkan strategi pemasaran menjadi poin penting dalam dunia bisnis. (entrepreneurcamp.id)

Di awal bisnis atau usaha, kalian harus rela mengeluargan banyak dana dan tenaga untuk mempromosikan produk agar dikenal oleh masyarakat. Nah, kalau sudah dikenal, maka, sebagai pelaku bisnis, kalian bisa memangkas biaya promosi bahkan nggak perlu promosi lagi.

Perbarui karyawan yang menempati posisi penting

Memperbarui karyawan di posisi penting bisa memberi dampak positif

Memperbarui karyawan di posisi penting bisa memberi dampak positif. (scua.com.br)

Sebagai seorang pemimpin, kalian wajib mengatur sirkulasi posisi penting di perusahaan agar ide dan kreativitas tetap terjaga. Meski keputuasan ini sangat sulit, tapi nggak dipungkiri kalau cara inilah yang bisa menyelamatkan bisnis kamu.

Oh iya, sebagai pembisnis dan kamu mengalami kebosanan, silakan menyempatkan diri untuk berwisata ke tempat yang bisa menyegarkan pikiranmu.

Gimana, sudah terilhami setelah membaca 4 tips di atas? Poin utama sebagai pelaku bisnis adalah jangan pesimis. Percaya, deh, proses nggak bakal mengkhianati hasil. (MG10/E05)