Agar Tetap Prima, Begini Cara Merawat Motor Matik
Cara merawat motor matik. (Motomaxx.id)

Agar Tetap Prima, Begini Cara Merawat Motor Matik

Bila cara perawatannya tepat, motor matik bisa mempunyai umur pakai lebih lama. Begini cara perawatan motor matik.

Inibaru.id – Saat ini, semakin banyak masyarakat yang memakai motor matik. Mereka memilih motor jenis ini karena dinilai lebih nyaman dan mudah digunakan. Nah, agar performa motor matik tetap prima, pengguna perlu melakukan perawatan khususnya mesin motor secara berkala.

Bila mesin motor dalam keadaan bagus, akselerasi motor pun tetap terjaga. Berikut beberapa tips merawat motor matik agar performanya tetap prima.

Panaskan Mesin Motor Sebelum Digunakan

Memanaskan motor sebelum digunakan punya tujuan agar proses pembakaran di dalam mesin bisa sempurna. Selain itu, memanaskan mesin juga menstimulasi oli mesin agar melumasi seluruh bagian mesin motor dan menjaga temperatur mesin biar tetap stabil. Pemanasan mesin motor biasanya dilakukan di pagi hari atau sebelum motor digunakan. Lama pemanasan motor antara 5-10 menit. Saat memanaskan mesin, kamu dianjurkan menggunakan kick starter.

Penggantian Oli Secara Rutin

Penggantian oli secara rutin penting bagi semua jenis kendaraan. Pengguna motor, dianjurkan untuk mengganti oli mesin setiap pemakaian motor dengan jarak 1500-2000 kilometer. Bila kamu mengabaikan penggantian oli, elemen-elemen mesin motor bakal cepat aus dan rusak.

Berkendara dengan Cara yang Baik dan Benar

Terkadang, kemudahan dan kenyamanan menggunakan motor matik ini membuat pengendara terlena. Sebagian di antaranya sering memacu motor dalam kecepatan tinggi. Namun, secara tiba-tiba mereka bisa mengubah kecepatan motor.  Padahal, kebiasaan itu dapat merusak mesin motor.

Jadi, sebaiknya gunakan motor dengan baik dan benar. Jangan sering melaju dengan kecepatan tinggi dan mengubah kecepatannya secara tiba-tiba.

Memeriksa Aki dan Busi Secara Rutin

Performa motor matik sangat didukung komponen aki dan busi. Perawatan terhadap komponen ini sangat penting dilakukan untuk menjaga motor tetap bertenaga saat melaju. Jadi, rajin-rajinlah memeriksa dua komponen ini ya, Millens.

Periksa Keadaan Fan Belt dan Roller

Berbeda dengan motor biasa yang menggunakan rantai, motor matik menggunakan penggerak berupa fan belt. Selain itu, kamu juga perlu memeriksa roller.

Komponen fan belt dan roller ini rentan mengalami kerusakan dalam sistem transmisi mesin motor otomatis. Jadi, memeriksa fan belt dan roller secara rutin sangat dianjurkan. Jika kondisinya sudah tidak layak, segeralah ganti yang baru.

Hayo, jangan malas merawat motor matikmu ya, Millens. (MG14/E04)