Tips Mengemudi Aman di Malam Hari

Sebelum mengemudi di malam hari, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu perhatikan. Simak ulasan berikut.

Tips Mengemudi Aman di Malam Hari
Mengemudi malam hari. (Fastnlow.net)

Inibaru.id – Sebagian orang lebih senang melakukan perjalanan di malam hari karena berbagai alasan, salah satunya menghindari kemacetan lalu lintas. Akan tetapi, meski lebih minim kendaraan, mengemudi di malam hari butuh ekstra hati-hati, lo. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat berkendara di malam hari. Berikut tips yang bisa kamu terapkan jika pengin berkendara di waktu malam.

  1. Waspada dan Siaga

Saat malam hari, jarak pandang lebih pendek dan nggak semua jalan memiliki penerangan yang bagus. Oleh karena itu,  kewaspadaan dan kesiagaanmu perlu ditingkatkan, Millens. Selama mengemudi, jangan mengonsumsi obat yang bisa mengundang kantukmu seperti parasetamol. Ada baiknya kamu membawa kopi supaya mencegah rasa kantuk. Jika kamu sudah merasa lelah, beristirahatlah agar konsentrasimu tetap terjaga.

  1. Bawa Perlengkapan Darurat

Ada baiknya kamu membawa perlengkapan darurat saat di perjalanan mudik. Perlengkapan darurat itu seperti senter, kotak P3K, alat bengkel, atau payung untuk berjaga-jaga bila terjadi sesuatu yang bisa menghambat perjalananmu. Oh iya, jangan lupa cek kelengkapan berkendara ya. Bagi kamu yang naik mobil, pastikan kamu menggunakan sabuk pengamanmu. Sementara itu, untuk kamu yang naik motor, jangan lupa pakai helm, jaket, sepatu, dan masker ya. Peralatan lain seperti jas hujan juga wajib kamu bawa.

  1. Manfaatkan Teknologi

Sebelum berangkat, pastikan baterai ponselmu dalam keadaan penuh. Jika baterai gawaimu terisi penuh, tentu itu akan memudahkanmu untuk mencari bantuan jika ada gangguan atau terjadi kecelakaan. Manfaatkan pula sistem navigasi GPS supaya kamu nggak tersesat di jalan.

  1. Periksa Kendaraan

Apakah banmu kempes? Apakah rem motormu masih berfungsi? Apakah lampu mobilmu menyala? Daripada kelabakan mencari tempat servis di jalan, sebaiknya cek dulu kondisi kendaraan yang akan kamu pakai. Saat berkendara di malam biasa, matikan lampu berkabut agar cahayanya nggak menyilaukan pengendara lain. Pastikan pula kaca depan bersih supaya nggak ada yang menghalangi pandanganmu. Usahakan juga untuk membawa handuk yang bisa dipakai untuk membersihkan kaca, ya.

Oh iya, jangan terlalu kencang memacu kemudimu ya, Millens. Suasana di malam hari memang lebih tenang dan jalanan pun cenderung lengang. Namun, bukan berarti kamu bisa ngebut seenaknya. Tetap perhatikan batas kecepatan yang ditetapkan pihak berwenang. Melakukan perjalanan di malah hari nyaman kok, asal memperhatikan hal-hal tersebut. (IB15/E04)