Tips Aman Bawa Barang dalam Mobil

Berlibur memang paling cocok menggunakan pribadi karena mobilitasnya tinggi. Namun, barang bawaan yang banyak seringkali menghabiskan tempat di mobil.

Tips Aman Bawa Barang dalam Mobil
Meletakan barang bawaan di mobil. (Metrotvnews.com)

Inibaru.id – Sebagian orang lebih memilih berlibur menggunakan mobil pribadi. Ini karena mereka lebih leluasa pergi ke mana-mana tanpa pusing memikirkan alat transportasi yang digunakan. Selain itu, mereka juga bisa membawa barang lebih banyak karena bisa ditempatkan di bagasi mobil.

Namun, hal ini justru membuat mobil terlalu padat. Nggak jarang, barang bawaan itu juga menganggu penumpang selama perjalanan.

Nah, karena itu pengemudi perlu mengetahui tips mengatur barang bawaan di mobil agar muat banyak dan nggak mengganggu. Medcom.id, Selasa (2/10/2018) melansir dari laman resmi Suzuki, berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan saat membawa banyak barang di mobil.

Terapkan Prinsip Center of Gravity

Semakin tinggi posisi beban, semakin tinggi juga tingkat kestabilan pengendalian. Hal ini membuat mobil berisiko mengalami body roll atau mobil seperti akan tergelincir ke arah luar saat hendak berbelok.

Karena itu, pakailah prinsip center of gravity. Letakkan barang yang lebih berat terlebih dahulu dan tempatkan paling bawah kemudian baru barang yang ringan. Selain itu, pertimbangkan juga potensi kerusakannya. Kendati ada barang berat tapi rawan rusak jika ditumpuk, jangan letakkan paling bawah.

Pastikan Beban Seimbang

Pastikan beban dalam mobil tetap seimbang antara kanan dan kiri. Beban yang berat sebelah membuat mobil tidak seimbang dan lebih condong ke yang lebih berat. Hal itu berbahaya terutama saat melewati jalan bergelombang.

Patikan Barang Saling Mengunci

Letakkan barang dengan posisi rapat agar dapat mengunci satu sama lain. Jangan sampai ada ruang kosong yang bisa membuat barang bergeser.

Tidak Melebihi Batas Maksimum

Satu hal lagi yang nggak boleh dilupakan yakni pengemudi mesti tahu batas beban maksimum mobil. Hitung bobot seluruh penumpang dengan barang bawaan yang akan kamu bawa. Jangan sampai jumlah beban itu melebihi batas.

Sebagai contoh untuk mobil MPV dengan 7 penumpang beban maksimumnya adalah 540 kilogram. Jika ada 7 orang yang masing-masing bobotnya 70 kg, maka beban maksimum barang bawaan adalah 50 kg.

Jika keempat faktor ini diperhatikan, barang bawaanmu yang banyak nggak akan mengganggu selama perjalanan. Oh iya, pastikan juga selalu berhati-hati ketika dalam perjalanan, ya. (MG12/E04)