Jangan Malas, Mulailah Rawat Helmmu!

Millens, nggak cuma motor lo yang butuh dirawat, tapi helmmu juga. Yuk, simak tips merawat helm di bawah ini.

Jangan Malas, Mulailah Rawat Helmmu!
Cara merawat helm. (Motorcomcom.blogspot.com)

Inibaru.id – Helm merupakan salah satu hal yang penting bagi pengguna motor. Tanpa helm, kepalamu nggak memiliki pelindung bila sewaktu-waktu terjadi kecelakaan. Dengan alasan keselamatan itulah polisi mewajibkan para pengguna motor memakai helm saat bekendara.

Karena sering dipakai berkendara, carilah helm yang nyaman dipakai. Nggak berhenti sampai di situ, kamu juga hendaknya merawat helmmu agar awat dan tetap nyaman dipakai meski sudah bertahun-tahun. Nah, berikut ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk merawat helmmu.

  1. Jangan Meletakkan Helm di Atas Jok

Mayoritas pengguna motor sering meletakkan helmnya di spion dan tangki bensin. Namun, kebiasaan tersebut nggak baik untuk keawetan helm lo, Millens. Menurut Carmudi.co.id (2/4/2017), meletakkan helm di spion membuat helm rentan jatuh dan menjadi lecet. Sementara itu, jika meletakkan helm di atas tangki besin, kemungkinan besar uap dari bahan bakar kendaraanmu bakal merusak kualitas helmmu. Wah bahaya juga ya!

Supaya aman, letakkan helm kamu di atas jok bagian belakan dan kaitkan tali pengikat helm.

Hindari meletakkan helm di spion atau jok motor. (Edorusyanto.wordpress.com)

  1. Pakailah Balaclava Sebelum Memakai Helm

Penggunaan balaclava sebelum menggunakan helm bertujuan untuk menghindari kontak langsung antara helm dan kepala. Balaclava bisa dikatakan penting, terlebih bila kamu hendak memakai helm saat kondisi rambutmu basah. Menggunakan helm tanpa balaclava saat rambut basah bisa meninggalkan busa di helmmu sehingga mudah bau nggak sedap dan berjamur.

Pengguna motor disarankan menggunakan balaclava. (Motobikerz.com)

Oh iya, untuk merawat busa helm, kamu dianjurkan mencucinya satu minggu sekali. Caranya mudah, kok! Kamu cukup merendam busa helmmu di dalam air yang sudah dicampur deterjen selama 15-30 menit. Kemudian peras dan jemur busa helmmu. Ingat ya, deterjen saja sudah cukup kok, nggak perlu dicampur pelembut.

  1. Bersihkan Helm Setelah Terkena Air Hujan

Millens, kalau helmmu baru saja dipakai di bawah hujan, jangan dibiarkan begitu saja ya. Ini karena kadar keasaman yang ada pada air hujan bisa mengakibatkan helm dan visor mudah berjamur. Supaya nggak terjadi hal-hal yang nggak diinginkan, segera lap sisa sisa air hujan pada helm ya.

Lap helm setelah terkena air hujan. (Katuju.id)

  1. Letakkan Helm secara Terbalik

Ada baiknya kamu meletakkan helm secara terbali dengan kaca terbuka. Hal tersebut bertujuan untuk menghilangkan sisa keringat yang menempel pada busa helm. Eits, tapi jangan sembarang menaruh ya, Millens. Jangan letakkan helm di tempat tinggi karena berisiko tinggi untuk jatuh. Supaya aman, letakkan saja di lantai.

Meletakkan helm secara terbalik. (Kumparan.com)

Cukup mudah kan, Millens? Yap, jika dirawat dengan baik, helm yang kita miliki akan tetap memberikan rasa aman dan nyaman saat dipakai berkendara. Hayo, jangan malas merawat helm ya! (IB18/E04)