Supaya Aman, Lakukan Tips Ini Saat Berboncengan Naik Sepeda Motor

Supaya Aman, Lakukan Tips Ini Saat Berboncengan Naik Sepeda Motor
Berboncengan naik sepeda motor. (Indonesianfilmcenter.com)

Berboncengan naik sepeda motor adalah hal yang sudah biasa dilakukan masyarakat. Kendati demikian, masih ada sejumlah orang yang nggak memperhatikan keselamatan saat berboncengan.

Inibaru.id – Hingga saat ini, jumlah kecelakaan lalu lintas masih tinggi. Pada 2017, jumlah kecelakaan lalu lintas mencapai 98.419 kasus. Sebagian besar kecelakaan itu dialami pengendara sepeda motor. Ini membuktikan, pengendara sepeda motor sangat rawan mengalami kecelakaan.

Dengan begitu, para pengendara motor harus lebih waspada saat berada di jalanan terlebih bila sedang berboncengan. Yap, berboncengan naik sepeda motor adalah hal yang lumrah. Namun, keselamatan pembonceng atau penumpang terkadang lalai diperhatikan. Nah, supaya aman, ada beberapa tips yang perlu kamu lakukan saat berboncengan naik sepeda motor.

Pertama, jangan berkendara secara ugal-ugalan. Ingat, keselamatan nomor satu. Jangan sampai kamu membahayakan dirimu dan pembonceng karena ugal-ugalan naik motor.

Ugal-ugalan di jalan raya. (Detik.com)

Kedua, jangan lupa pakai helm ya, Millens. Baik pengendara maupun pembonceng harus memakai pelindung kepala satu ini. Oh iya, pastikan helm yang kamu pakai sesuai dengan ukuran kepala ya. Selain itu, selalu kaitkan tali helm supaya kepala dapat terlindung sempurna jika terjadi kecelakaan.

Gunakan helm. (Tifamotor.com)

Ketiga, hindari membonceng dengan duduk menyamping. Melansir dari Carmudi.co.id (26/3/2018), hal tersebut bertujuan untuk menjaga keseimbangan pengendara supaya saat akan berbelok tetap stabil. Kamu juga disarankan menggunakan pijakan yang ada supaya kakimu nggak terkena jalan.

Bonceng menghadap samping dan menghadap ke depan. (Tribunnews.com)

Keempat, jangan bermain ponsel saat mengendarai sepeda motor. Kepolisian pun sudah melarang pengendara sepeda motor menggunakan gawai saat mengendarai. Eits, tapi bukan berarti pembonceng bisa bermain ponsel seenaknya ya. Ada baiknya pembonceng juga memperhatikan jalan agar dapat bersiap bila ada sesuatu yang nggak diinginkan terjadi.

Jangan mengoperasikan ponsel saat naik sepeda motor. (Rakyat.net)

Kelima, pastikan motor dalam kondisi baik. Sebagai pengendara motor, sudah menjadi kewajibanmu untuk selalu memastikan kondisi motor pada performa terbaik. Sebelum menggunakan motor, sebaiknya kamu mengecek tekanan angin pada ban, kekuatan cengkraman rem, dan hal lainnya.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat berboncengan naik sepeda motor, Millens. Salam Safety Riding! (IB18/E04)