Biar Nyaman, Perhatikan Hal-Hal Ini Saat Berkendara pada Musim Kemarau

Biar Nyaman, Perhatikan Hal-Hal Ini Saat Berkendara pada Musim Kemarau
Tips berkendara saat musim kemarau. (Adventuriderz.com)

Saat musim kemarau, kondisi jalanan pasti lebih panas dari biasanya, belum lagi banyaknya debu yang beterbangan. Nah, berikut beberapa tips agar kamu tetap nyaman berkendara saat musim kemarau.

Inibaru.id – Mengendarai motor saat musim kemarau butuh persiapan yang ekstra. Ini karena kondisi jalanan lebih panas dan terik matahari lebih menyengat tubuh dibanding hari-hari biasa. Belum lagi debu yang beterbangan kerap kali membuat pengendara nggak nyaman.

Nah, agar kamu tetap nyaman dan aman berkendara saat musim kemarau, coba perhatikan hal-hal berikut ini.

Menjaga Kondisi Tubuh

https://s-i.huffpost.com/gen/1382838/images/o-DOCTOR-CHECK-UP-facebook.jpg

Cek kesehatan sebelum menempuh perjalanan jauh. (Huffpost.com)

Kondisi tubuh yang fit tentu akan mempengaruhi performa berkendaramu. Kalau kamu sedang sakit, tapi memaksakan diri naik motor, konsentrasimu selama berkendara bakal berkurang. Ini nggak hanya membahayakan dirimu, tapi juga pengendara lain. Jadi, kalau kamu hendak menempuh perjalanan jauh, sebaiknya cek dulu kondisi tubuh ke dokter ya, Millens.

Gunakan Pelindung Kepala dan Wajah

https://i.ytimg.com/vi/1v38I_LfAIo/maxresdefault.jpg

Gunakan helm standar nasional. (Ytimg.com)

Selain helm standar nasional, pelindung wajah yang wajib kamu miliki adalah masker. Dengan menggunakan masker, kamu bisa meminimalisasi polusi udara atau debu yang masuk ke saluran pernapasanmu. Jadi, masker sangat dibutuhkan pengendara motor terlebih saat musim kemarau.

Aksesori lain yang nggak kalah penting adalah kacamata. Benda satu ini bisa melindungi matamu dari silau lampu pengendara lain atau sinar matahari. Kalau pengin yang praktis, kamu bisa memakai helm yang dilengkapi dengan kaca pelindung anti silau.

Jangan Lupa Pakai Sarung Tangan dan Kaus Kaki


Pengendara memakai sarung tangan. (Fdrtire.com)

Cuaca yang panas nggak jarang membuat kulit tubuh pengendara sepeda motor belang. Nah, kalau sudah begini, kaus kaki dan sarung tanganbisa jadi penyelamatmu, Millens. Eits, meski sudah pakai kaus kaki dan sarung tangan, ada baiknya kamu juga menggunakan calir raga (lotion) ya.

Cek Kondisi Motor

https://ak.picdn.net/offset/photos/575ed377ba6f6bfc1a48572a/medium/photo.jpg

Cek dulu kondisi motor. (Picdn.net)

Daripada terjadi hal yang diinginkan di jalan, sebaiknya cek dulu kondisi motormu. Jika memang sudah nggak nyaman dikendarai, segera bawa ke bengkel untuk diservis ya. Selain menciptakan rasa nggak nyaman, hal ini juga mengurangi keamananmu saat berkendara.

Gunakan Jaket

https://i.kinja-img.com/gawker-media/image/upload/s--secJ76XS--/c_scale,f_auto,fl_progressive,q_80,w_800/1452225673457649072.jpg

Jangan lupa pakai jaket ya. (Kinja-img.com)

Saat berkendara, disarankan kamu memakai jaket. Selain melindungimu dari panas matahari, jaket juga melindungimu dari terpaan angin selama perjalanan. Saat ini ada pula jaket yang dilengkapi dengan pelindung dada, jadi kamu bisa memaksimalkan fungsinya.

Perhatikan Kecepatan Berkendara

https://media.malaymail.com/uploads/articles/2014-04/0604ladiesbikesDrive.jpg

Sekalipun jalanan sedang sepi, jangan ngebut ya. (Malaymail.com)

Saat musim kemarau, jalan yang kamu lalui tentu nggak sesulit seperti musim hujan. Namun, debu dan angin di jalanan bisa membahayakanmu. Jadi, perhatikan kecepatan berkendaramu supaya risiko kecelakaan bisa dicegah.

Gimana, sudah siap? Oh iya, jangan lupa selalu bawa STNK dan SIM, ya! Selamat berkendara, Millens. (IB15/E04)