Spidometer Motormu Mati? Cari Tahu Penyebabnya, yuk!

Spidometer Motormu Mati? Cari Tahu Penyebabnya, yuk!
Spidometer analog. (Inibaru.id/Muhammad Adiatma)

Spidometer analog a.k.a. pengukur kecepatan pada motormu rusak? Coba cari tahu penyebabnya, yuk!

Inibaru.id – Para pengendara sepeda motor pasti sudah nggak asing lagi dong dengan spidometer? Yap, alat yang berfungsi untuk mengukur kecepatan motor itu biasanya dipasang di bagian depan motor. Kendati sering diabaikan, alat ini sejatinya sangat diperlukan para pengendara.

Dengan spidometer, pengendara dapat mengetahui beberapa informasi tentang motor seperti kecepatan motor, jarak tempuh motor, hingga informasi kapasitas bensin yang ada di motor secara real time. Jenis spidometer pun bermacam-macam, ada yang analog, ada juga yang digital. Perbedaan keduanya hanya terletak pada tampilan dan sumber penggeraknya.

Spidometer analog menggunakan mekanisme roda bergigi dan memakai jarum untuk menunjukkan kecepatan. Sementara itu, spidometer digital memanfaatkan pulsa magnetik atau pulser pada roda.

Nah, spidometer analog inilah yang rawan rusak. Biar kamu nggak panik, yuk cari tahu penyebab kerusakan spidometer analog!

Gigi Nanas yang Aus

Jalanan bergelombang bisa mengakibatkan kerusakan gigi nanas. (Riausky.com)

Secara umum, penyebab spidometer yang rusak adalah gigi nanas atau gearbox yang sudah mulai aus. Ausnya gigi nanas biasanya akibat dari kebiasaan pengendara yang kerap melewati jalanan bergelombang dan tidak rata. Nah, coba cek gigi nanas di motormu! Kalau rusak, kamu perlu menggantinya.

Kabel Spidometer yang Kendur

Kabel spidometer yang kendur bisa menyebabkan spidometer mati. (Jawapos.com)

Kabel spidometer yang kendur dan putus mungkin saja menjadi penyebab kerusakan spidometermu. Untuk tahu kondisi kabel, kamu perlu mengecek bagian dalam mesin. Kalau kamu nggak tahu permesinan, lebih baik bawa motormu ke bengkel untuk mengecek kabel spidometer.

Gear Spidometer yang Terkena Korosi

Berkendara pada siang hari dapat menyebabkan gear spidometermu terkena korosi. (Pexels.com)

Gear spidometer bisa terkena korosi karena sering terpapar sengatan matahari langsung, Millens. Karat pada gear bisa mengakibatkan spidometermu mati. Nah, kalau sudah begini, solusi yang bisa kamu lakukan adalah melumasi gear spidometer dengan cairan pembersih antikarat. 

Nah, sudah tahu kan apa saja yang menyebabkan spidometermu rusak? So, hindari hal-hal yang bisa merusak spidometer itu ya! Kalau terlanjur rusak, segera perbaiki di bengkel terdekat. (MG14/E04)